Irfendi Arbi: Satu OPD Harus Miliki Satu Inovasi

- Senin, 14 Oktober 2019 | 15:05 WIB

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -  Dalam rangka penguatan dan pengembangan inovasi daerah, kita perlu mewujudkan One Agency Five Innovation/Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Satu inovasi. Sebab inovasi daerah merupakan sebuah kebutuhan untuk bergerak maju berdasarkan prinsip peningkatan efisiensi, perbaikan efektifitas, perbaikan kulaitas pelayanan.

Sehingga tidak menimbulkan konflik kepentingan, beriorentasi pada kepentingan umum, serta dilakukan secara terbuka yang memnuhi nilai-nilai kepatutan dan dapat dipetangung jawabkan dengan hasil yang dapat digunakan untuk kepentingan public, ungkap Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi pada sosialisasi inovasi kabupaten setempat, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Labuah Silang, beberapa hari yang lalu.

"Dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, sekaligus menyikapi dinamika perkembangan isu satrategis daerah maka pembaharuan dan inovasi menjadi urgensi yang harus kita sikapi dengan serius,"ujar Irfendi.

Dikatakan, inovasi bukanlah sesuatu yang instan, tetapi merupakan sebuah proses pembelajaran , dimana perubahan dan pembaharuan yang dibuat tidak hanya dilihat dari sudut pandang material, tetapi lebih sebagai suatu rekombinasi atau penciptaan kombinasi baru, ulasnya.

Menurut dia, startegi pengembangan inovasi daerah di Limapuluh Kota, dapat dilakukan dengan membangun komitmen bersama untuk melakukan Inovasi serta penguatan program dan kegiatan yang mendukung inovasi daerah. Karenanya, diperlukan sinergitas dan singkronisasi inovasi daerah dengan arah kebijakan pembangunan daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Lebih lanjut disampaikan Irfendi, perlu menjadikan inovasi sebagai budaya organisasi yang mengakar dengan kuat agar dapat memacu akselarasi dalam mencapai keunggulan kompetitif, serta melakukan perlindungan terhadap inovasi daerah itu sendiri.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pemahaman bagi segenap pemangku kepentingan dalam penyelengaraan pemerintah daerah. Saya harap, setelah ini dapat dihasilkan produk inovasi daerah yang unggul dalam rangka percepatan pembangunan serta pencapain tujuan dan sasaran satrategis daerah,"tuturnya.

Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Adminsitrasi Negara, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, dalam arahannya mengatakan , di era globalisasi, digitalisasi dan revolusi industri, peran dan fungsi teknologi, inovasi serta dukungan riset dan pengembangan menjadi sangat krusial bagi keberlanjutan sebuah organisasi.

Klaborasi dan akselarasi ketiga unsur tersebut, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan core business serta pemberdayagunaan segenap sumberdaya yang ada dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Dengan bergulirnya pradigma desentralisasi yang kemudian diwujudkan dalam bentuk otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab dituntut suatu penyelenggraan pemerintah daerah yang diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB

Camat di Padang Pariaman Diminta Tingkatkan PRDB

Jumat, 24 September 2021 | 12:12 WIB
X