RSUD Sawahlunto Belum Punya Dewas, BKPSDM Lakukan Kajian

- Jumat, 13 Maret 2020 | 08:00 WIB

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sejak beralih pengelolaan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto belum mempunyai Dewan Pengawas sebagaimana yang diatur dalam Permendagri No 79 tahun 2018. 

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Sawahlunto Guspriadi membenarkan, sejak ditetapkan menjadi BLUD, RSUD Sawahlunto belum memiliki dewan pengawas seperti yang tertuang dalam Permendagri 79 tahun 2018.
"Dalam waktu dekat ini kami segera melaporkan hasil kajian teknis pembentukan Dewas kepada walikota," ujarnya kepada Haluan, Kamis 12 Maret 2020.

Dewas BLUD, sebut Guspriadi, merupakan satuan fungsional yang bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan serta pengendalian internal terhadap pengelolaan BLUD yang dilakukan oleh pejabat pengelola sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Dewas sendiri lanjutnya dibentuk dengan keputusan kepala daerah.

"Selama ini, Dewas tersebut tidak pernah dikaji untuk dibentuk, sehingga membentuk pesimisme di masyarakat bahwa BLUD tidak akan berhasil kecuali hanya menjadi sumber penghasilan bagi pengelolanya saja," ujarnya lagi.

Lebih jauh diungkapkan Guspriadi, sesuai dengan Pemendagri tersebut, Dewas berkewajiban memberikan saran dan pendapat serta nasehat kepada pejabat pengelola dalam melaksanakan BLUD kepada kepala daerah, mengikuti perkembangan kegiatan BLUD, dan melaporkan tentang kinerja BLUD kepada kepala daerah.

"Evaluasi dan penilaian kinerja, baik keuangan maupun non keuangan, memberikan catatan-catatan penting yang bisa membuat pengelolaan BLUD menjadi baik," katanya.

Untuk anggota Dewas sendiri, lanjutnya, berjumlah 3 orang atau 5 orang dengan masa jabatan ditetaokan selama 5 tahun, dan dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya.(*)

Editor: Administrator

Terkini

Pemkab Pasbar Dukung Pembangunan Rumah Bersubsidi

Sabtu, 25 September 2021 | 18:40 WIB

Ratusan Ibu-ibu di Solok Dapat Bantuan Hortikultura

Sabtu, 25 September 2021 | 17:55 WIB

Sumbar Siapkan Dana Pendamping untuk Dua TPA

Sabtu, 25 September 2021 | 14:33 WIB
X