Tekan Penyebaran Corona, Mulyadi: Pemerintah harus Lebih Perhatian pada Tenaga Medis

- Minggu, 22 Maret 2020 | 19:19 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI Mulyadi mendesak pemerintah pusat untuk bersikap akomodatif terhadap tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan virus Covid-19 atau corona. Di tengah perjuangan tenaga medis Indonesia untuk menangani virus tersebut pemerintah baik pusat dan daerah dihimbau bergerak cepat menyediakan fasilitas pendukung.

Seperti halnya alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis dan alat rapid test untuk mempersingkat waktu pendeteksian penyebaran virus di masyarakat. Menurut informasi yang didapat oleh Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi, pihak RS saat ini tengah kesulitan mendapatkan APD. Pun telah mencoba untuk memesan alat tersebut dari Jakarta dan Surabaya namun masih belum mendapatkan kejelasan.

"Perjuangan tenaga medis kita juga harus didukung dengan peralatan yang memadai dari pemerintah pusat dan daerah, kita tentunya tidak ingin mereka yang berada di garda terdepan terpapar oleh virus ini karena kurangnya APD. Tolong pemerintah pusat dalam hal ini presiden menyegerakan distribusi APD dan alat Rapid Test kepada RS dan tenaga medis kita," ujar Mulyadi.

Tak hanya itu, Anggota Komisi III DPR RI tersebut mendesak pemerintah pusat untuk berkaca dari negara Turki dalam menangani penyebaran virus Covid-19. Di negara tersebut pemerintah bertindak cepat dan sangat akomodatif terhadap tenaga medis yang berada di garda terdepan.

Contohnya, Turki menyediakan perlengkapan APD lengkap kepada tenaga medis dan mengakomodasi keperluan sehari-hari seperti makanan bergizi 3 kali dalam sehari serta memberikan kenaikan gaji. Menurutnya hal ini sudah seharusnya langkah yang diambil oleh pemerintah pusat untuk mendukung kinerja para tenaga medis.

"Pemerintah tolong berkaca dari Turki. Pemerintah Turki sangat akomodatif terhadap para tenaga medis yang berjuang di garis depan, tanpa mereka saya tidak bisa membayangkan dampaknya terhadap kita semua," jelas Mulyadi.

Disamping itu, Mulyadi mengapresiasi perjuangan para tenaga medis sebagai garda terdepan menangani penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Ia mengatakan tenaga medis di Indonesia tak kenal lelah tengah berjuang sekuat tenaga untuk menangani pasien maupun punyebaran virus tersebut. Menurut wakil rakyat yang dikenal merakyat tersebut tenaga medis yang menangani virus corona harus mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pemerintah.

"Saya sangat mengapresiasi kesigapan tenaga medis kita sebagai garda terdepan menangani penyabar virus Covid-19 ini. Mereka mengorbankan waktu, tenaga dan keselamatan mereka sendiri untuk terus berjuang mencari jalan terbaik menekan virus ini dan berusaha menyembuhkan saudara-saudara kita yang telah terjangkit corona," tutur Mulyadi.

"Pemerintah sudah sepatutnya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas jasa mereka, memberikan fasilitas terbaik agar tugas tenaga medis kita berjalan dengan baik sehingga virus ini dapat kita tangani dengan baik," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Puluhan Kendaraan Terjaring Razia Gabungan Dishub Sumbar

Jumat, 17 September 2021 | 12:52 WIB

Kasus Harian Covid-19 di Agam Terus Melandai

Kamis, 16 September 2021 | 22:17 WIB
X