Antisipasi Korona, Masjid yang Ada di Jalinsum Dharmasraya Tiadakan Salat Jumat

- Kamis, 26 Maret 2020 | 21:59 WIB

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Masjid yang ada di sepanjang jalan lintas Sumatera di Kabupaten Dharmasraya mulai Jumat (27/3/2020) tidak menggelar salat Jumat. Hal itu diputuskan bersama Forkopimda terdiri dari Bupati Dharmasraya, Kapolres Dharmasraya, Ketua MUI dan Kakankemenag. 

Masing-masing mempunyai nomor surat dan ditandatangani oleh pimpinan instansi. Kesepakatan bersama itu dibuat merujuk kepada imbauan dari pemerintah pusat, kemudian dibuat pula kesepakatan di Kabupaten Dharmasraya bersama Forkopimda. Dalam surat itu menyebutkan bahwa untuk antisipasi pandemi virus corona di Kabupaten Dharmasraya yang dibelah oleh Jalinsum dan merupakan salah satu pintu gerbang Sumbar.

Maka, secara bersama sama diputuskan bahwa masjid yang berada di sepanjang Jalinsum tidak menggelar salat Jumat. Mulai dari Mesjid Al Ikhwan yang berada di perbatasan Sumbar dan Jambi, sampai ke mesjid yang berada di Sialang Kecamatan Pulau Punjung. Pasalnya, masuknya orang dari luar Dharmasraya atau Sumbar tidak akan terpantau.

Surat tersebut sudah diedarkan ke kecamatan dan nagari yang masjidnya terkena imbas keputusan bersama tersebut. Untuk Nagari Gunung Medan saja, ada tiga masjid yang tidak menggelar salat Jumat. Oleh sebab itu, Wali Nagari melalui Kepala Jorong meminta antisipasi meledaknya jamaah ke masjid lain yang berada di dalam atau jauh dari Jalinsum. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Puluhan Kendaraan Terjaring Razia Gabungan Dishub Sumbar

Jumat, 17 September 2021 | 12:52 WIB

Kasus Harian Covid-19 di Agam Terus Melandai

Kamis, 16 September 2021 | 22:17 WIB
X