Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun

- Kamis, 9 April 2020 | 14:10 WIB

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menggelar Aksi Peduli Covid-19 memperingati 12 tahun berdirinya lembaga keadilan Pemilu tersebut, Kamis (09/04).

"Pada kegiatan ini kami membagikan paket sembako bagi warga golongan ekonomi lemah yang turut terdampak serius akibat pemberlakuan sejumlah pembatasan kegiatan di luar ruangan dan pembatasan sosial lainnya," kata Ketua Bawaslu setempat, Rini Juita MA, di Lubuksikaping.

Menurutnya, wabah pandemi tersebut harus dilawan secara bersama oleh seluruh komponen bangsa sesuai dengan tema peringatan kalo ini yakni Membangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19.

Salah satunya dengan menunjukkan kepedulian yang walaupun secara nilainya tidak besar tapi diharapkan mampu menjadi sarana membangun kebersamaan antar sesama anak bangsa yang sedang berjuang bersama melawan penyebaran wabah covid-19.

Terkait fungsi sosialisasi dan pengawasan pemilihan umum kepala daerah yang sudah ditunda pelaksanaannya oleh pemerintah,  Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar lembaga, Mesrawati SE, mengatakan meskipun sudah ada penundaan jadwal namun beberapa kegiatan masih dilakukan pihaknya terkait pengawasan diantaranya pelaksanaan pendaftaran dan pelaksanaan program Sekolah Kader Pengawasan Pemilu (SKPP) yang merupakan kegiatan dari Bawaslu Republik Indonesia.

"Saat ini pendaftaran sudah dibuka untuk umum dengan mengutamakan individu yang aktif di organisasi non partisan dan non partai politik," terangnya.

Pada kegiatan tersebut, lanjutnya, materi pembelajaran akan disampaikan secara daring sehingga mudah dilakukan dan tetap mengacu pada kepatuhan melaksanakan standar protokol kesehatan yang sudah diberlakukan oleh pemerintah dalam memerangi penyebaran wabah covid-19.

Ia mengatakan, melalui teknologi informasi dan media sosial, SKPP Daring menjadi jalan ke luar dari keterbatasan ruang dan waktu dalam penguatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dan pilkada.

Dengan program itu, lanjutnya, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang pengawasan bagi kader-kader pengawas dan pemantau pemilu serta sarana berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang partisipasi masyarakat.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Pemkab Pasbar Dukung Pembangunan Rumah Bersubsidi

Sabtu, 25 September 2021 | 18:40 WIB

Ratusan Ibu-ibu di Solok Dapat Bantuan Hortikultura

Sabtu, 25 September 2021 | 17:55 WIB

Sumbar Siapkan Dana Pendamping untuk Dua TPA

Sabtu, 25 September 2021 | 14:33 WIB

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB
X