Hari Ini, Spesimen PDP Covid-19 di Mentawai Dikirim ke Padang

- Jumat, 10 April 2020 | 17:33 WIB

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai malam ini akan mengirimkan sampel uji Spesimen salah seorang PDP atau Pasien Dalam Pengawasan yang diduga terpapar virus corona. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai yang juga selaku Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Mentawai, Lahmuddin, Jumat (10/4/2020). 

Dimana, saat ini PDP tersebut sedang menjalani isolasi di RSUD Mentawai. "Sampel uji spesimennya sudah ada, jadi malam ini akan kita kirim ke Padang untuk diperiksa swab-nya dan itu bisa dilakukan di laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang. Semoga hasilnya negatif," ungkapnya.

Untuk diketahui, seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebut merupakan salah seorang mahasiswi Mentawai yang kuliah di Jakarta dan pulang ke Mentawai pada 27 Maret bulan lalu. Kemudian, Rabu (8/4/2020). Statusnya yang semula Orang Dalam Pantauan (ODP) menjadi PDP setelah hasil rapid test positif.

"Kondisi PDP saat ini baik-baik saja, artinya tidak dalam kondisi dirawat, tapi hanya dipisahkan sementara sampai nanti ada hasil swabnya. Yang berkunjung juga tidak diizinkan, termasuk tim medis. Khusus yang dibolehkan bisa masuk, intinya perlakuannya sama persis dengan pasien Covid-19, hanya untuk mengantisipasi saja," paparnya.

Dia juga tidak bosan-bosan mengingatkan masyarakat agar tidak panik atas informasi penyebaran virus corona. "Yang terpenting selalu mendengarkan pesan pencegahan penyebaran virus corona, diantaranya rajin mencuci tangan pakai sabun, jika tidak penting diusahakan berdiam diri di rumah, menjaga jarak antara satu dengan lainnya, intinya kata dia perilaku hidup bersih dan sehat harus ditingkatkan," tutupnya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

IDAI Bakal Gelar Kongres Nasional di Sumbar

Rabu, 29 September 2021 | 07:39 WIB

Hari Ini, 5 Warga Agam Terkonfirmasi Positif Covid-19

Selasa, 28 September 2021 | 21:52 WIB

Puluhan Imam dan Khatib di Agam Diberi Pelatihan

Selasa, 28 September 2021 | 20:26 WIB

130 Mustahiq Padang Panjang Terima Zakat dari Baznas

Selasa, 28 September 2021 | 16:50 WIB
X