Pidana Mati Menanti Walinagari Jika Tak Hati-Hati Gunakan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

- Senin, 13 April 2020 | 14:12 WIB

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Praktisi hukum sekaligus dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR), Dr Zulfikri Pohan mengingatkan, para walinagari di Kabupaten Pasaman, waspada menggunakan dana nagari (desa) untuk penanggulangan wabah Virus Corona (Covid-19). 

"Hati-hati menggunakan dana nagari untuk menanggulangi wabah Covid 19, bisa pidana mati. Harus jelas payung hukumnya, jangan nanti sudah digunakan malah tersangkut hukum," ujar Zulfikri, di laman facebooknya, Senin.

Putra kelahiran Panti ini, mengatakan, imbauan itu bukan untuk menakut-nakuti para walinagari di daerah itu dalam penggunaan dana desa untuk kepentingan penanganan wabah Corona di masing-masing nagari. 

"Cuma mengingatkan, karena ada yang menelepon saya bolehkah dana nagari ini digunakan untuk menanggulangi bencana Covid 19, dan untuk kegiatan apa saja yang boleh, terus bagaimana mekanismenya," ujar Zulfikri. 

Menurutnya, pertanyaan dari sejumlah walinagari itu perlu ia jawab, karena sejalan dengan profesinya sebagai praktisi hukum sekaligus pengajar di salah satu perguruan tinggi kenamaan di Riau. 

"Saya kira pertanyaan ini berlaku buat semua walinagari dan masyarakat, jadi perlu dijawab biar ndak jadi keraguan dan perdebatan sesaat saja," tukasnya. 

Ia menambahkan, bahwa dana desa merupakan dana yang bersumber dari negara (APBN), sehingga lembaga anti rasuah seperti KPK berhak melakukan pengawasan dan mengontrol penggunaan dana tersebut. 

"Pertama, perlu saya tekankan dana nagari ini dana negara. Maka KPK berwenang mengontrolnya, pasal 2 ayat (2) UU 31 tahun 1999, mengancam hukuman mati jika menyalahgunakan dana bencana. Jika Covid 19 ini dijadikan bencana, maka hati-hati, jangan sampai dana disalahgunakan alias di korupsi," pungkasnya. 

Para walinagari, kata dia, perlu memahami aturan hukum penggunaan dana desa di tengah pandemi Covid-19, agar walinagari aman dan bebas dari jeratan hukum di kemudian hari nanti. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

7 Fraksi DPRD Solsel Sepakati Ranperda RPJMD 2021-2026

Rabu, 22 September 2021 | 14:11 WIB

DPMD Kota Pariaman Siap Fasilitasi Desa Dirikan BUMDes

Selasa, 21 September 2021 | 22:10 WIB

PLN Mobile Goes to School di MAN 1 dan 2 Bukittinggi

Selasa, 21 September 2021 | 11:47 WIB

Pembangunan Reservoar di Pariaman Dimulai

Selasa, 21 September 2021 | 11:28 WIB
X