Gedung UPT Diklat Talu Akan Dijadikan Tempat Karantina Pasien Covid-19

- Rabu, 15 April 2020 | 14:48 WIB

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Salah seorang masyarakat Jorong Paroman, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamu, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dinyatakan positif Covid 19 setelah keluarnya hasil Swab Laboratorium Universitas Andalas (UNAND) pada Rabu (15/4/2020).

Bupati Pasbar, H. Yulianto didampingi Forkopimda dan OPD pemda Pasbar dalam jumpa pers di Media Center di Kantor Bupati Pasbar, Rabu (15/4) mengatakan, dari hasil Swab 16 orang warga Jorong Paroman yang keluar dari UNAND, satu orang diantaranya positif covid 19 dan 15 orang lainnya dengan hasil Negatif.

Adapun sebelumnya warga tersebut berstatus ODP dengan memiliki perjalanan ke kota Padang dan kontak langsung dengan Almarhumah "HA" yang juga warga Pasbar berdomisili di kota Padang pasien positif covid 19 yang meninggal di RS M. Jamil Padang  beberapa waktu yang lalu.

"Kita telah menerima hasil swab dari laboratorium Unand Padang yang menyatakan satu orang warga Talamau inisial "R" berjenis kelamin perempuan positif terinfeksi covid-19 setelah sebelumnya melakukan kontak langsung dengan pasien positif covid yang meninggal dunia beberapa hari yang lewat,"Ungkap Yulianto.

Yulianto menjelaskan, untuk menindak lanjuti hal itu, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Pasbar, lakukan gerak cepat mengevakuasi langsung yang bersangkutan untuk kemudian dilakukan proses isolasi yang direncanakan di RS. Unand Padang.

"Hari ini juga Tim Gugus tugas akan langsung melakukan Trecking dilanjutkan dengan Swab terhadap keluarga "R" dan melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari Dinas Kesehatan dan Nagari setempat,"Pungkasnya.

Ditambahkan, pemerintah Daerah dalam waktu dekat ini juga akan mengaktifkan Gedung UPT Diklat Talu sebagai tempat karantina bagi masyarakat yang berstatus ODP sebagai langkah memutus tali rantai penyebaran virus covid 19.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat Pasbar agar tetap tenang serta tetap mengikuti petunjuk pencegahan wabah covid 19 sesuai dengan arahan pemerintah, serta membiasakan hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan tempat tinggal.

"Kepada masyarakat diharapkan  tetap tenang, selalu lebih waspada, serta dapat mebiasakan pola hidup sehat dan bersih yang dimulai dari diri sendiri dan semoga bencana covid 19 ini dapat segera berakhir dan tak ada lagi masyarakat pasbar yang terjangkit oleh virus covid 19 ini kedepannya,"Harap Yulianto.(*)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Pemkab Pasbar Dukung Pembangunan Rumah Bersubsidi

Sabtu, 25 September 2021 | 18:40 WIB

Ratusan Ibu-ibu di Solok Dapat Bantuan Hortikultura

Sabtu, 25 September 2021 | 17:55 WIB

Sumbar Siapkan Dana Pendamping untuk Dua TPA

Sabtu, 25 September 2021 | 14:33 WIB

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB
X