Hasil Swab Keluar, Almarhum Harmen Jam Dipastikan Negatif Covid-19

- Rabu, 15 April 2020 | 20:10 WIB

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan memastikan jenazah Harmen Jam (63), warga Nagari Gurun Panjang Selatan, Kecamatan Bayang yang dimakamkan sesuai protokol Covid-19 pada Senin (13/4/2020) tidak terjangkit Covid-19. Kepastian tersebut disampaikan menyusul keluarnya hasil labor Pemeriksaan swab atas nama almarhum yang menyatakan negatif.

"Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, hasil swab almarhum sudah keluar dan dipastikan negatif Covid-19,” ungkap Rinaldi, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (15/4/2020) malam.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, almarhum Harmen Jam dikebumikan di pandam pakuburan keluarganya di Kampung Simpang Tigo Talao, Kecamatan Koto XI Tarusan dengan protokol Covid 19 sehingga masyarakat menduga yang bersangkutan meninggal karena Covid 19. "Diharapkan dengan adanya penjelasan ini, masyarakat dapat memahami jika almarhum meninggal bukan karena virus corona,”  kata Rinaldi.

Dikatakannya, almarhum ini adalah pasien RSUP M. Djamil Padang yang sempat dirawat di selama lima hari dengan gejala menyerupai Covid-19. Namun pasien tersebut wafat sebelum hasil labor uji swab yang bersangkutan keluar. “Jadi sesuai protokol, jenazah almarhum diselenggarakan oleh pihak rumah sakit dengan standar penanganan Covid-19," tuturnya.

Ditambahkan Rinaldi, keterangan ini disampaikan untuk mengklarifikasi isu yang beredar di tengah masyarakat, sehingga tidak menimbulkan dampak sosial bagi keluarga almarhum hingga pihak keluarga sempat dikucilkan oleh warga sekitar. (*)

Editor: Administrator

Terkini

PLN Mobile Goes to School di MAN 1 dan 2 Bukittinggi

Selasa, 21 September 2021 | 11:47 WIB

Pembangunan Reservoar di Pariaman Dimulai

Selasa, 21 September 2021 | 11:28 WIB

Excavator Rusak di TPS Pariaman Belum Tersentuh Perbaikan

Selasa, 21 September 2021 | 10:03 WIB
X