Infak Terkumpul Rp15 Juta, Salat Idul Adha di Masjid Raya Sungai Pasak Pariaman Khidmat

- Jumat, 31 Juli 2020 | 19:40 WIB

HARIANHALUAN.COM - Hujan yang turun Jumat 31 Juli 2020 pagi tidak menyurutkan tekad dan langkah masyarakat Sungai Pasak Kec. Pariaman Timur Kota Pariaman menuju Mesjid Raya Sungai Pasak untuk menunaikan salat Idhul Adha tahun ini. 

Biasanya pekarangan mesjid dimanfaatkan untuk salat id, tapi karena hujan maka bangunan mesjid yang luasnya 25x25 meter tersebut penuh sesak. 

Khatib dalam khutbahnya menjelaskan tentang hakikat berkurban di bulan Dzulhijjah ini. "Betapa pentingnya bekurban itu, ada ummat Islam yang sudah pantas dan wajib bekurban, lalu tidak bekurban maka kata nabi tidak menjadi ummatnya," ujar Khatib Drs. Syiril Firdaus, MAg, guru MAN 5 Padang itu.

Khatib mengimbau agar umat Islam benar-benar mengamalkan ajakan nabi untuk bekurban ini. "Tidak banyak umat sekarang yang mau bekurban secara ikhlas. Kalaulah ibadah ini dijalankan dengan benar-benar maka pasti kesejahteraan masyarakat cepat tercapai," katanya lagi.

Sebelum salat, pengurus menjelaskan kondisi pembangunan mesjid keseluruhan. Sedangkan Kepala Desa Sungai Pasak Harlis menyatakan sepakat dengan kelanjutan pembangunan mesjid dan mengajak masyarakat meningkatkan partisipasinya.

Disampaikan, jumlah sapi kurban tahun ini sebanyak 14 ekor sapi. Dalam kesempatan itu juga dikumpulkan wakaf, sedekah dan infak dari jemaah mencapai Rp15 juta lebih.

Pengurus bersama ninik mamak mengucapkan terima kasih kepada semua jemaah, masyarakat dan istimewa para orang sumando, baik laki-laki maupun perempuan, serta warga desa tetangga, atas sumbangan tersebut.(*)

Editor: Administrator

Terkini

Bupati Agam Hadiri Maulid Nabi di Nagari Malalak Barat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:24 WIB

Terpopuler

X