Sawahlunto 'Dihajar' Corona, 6 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

- Kamis, 6 Agustus 2020 | 11:37 WIB

HARIANHALUAN.COM - Sawahlunto kembali mencatat kasus baru positif Covid - 19 sebanyak 6 orang hari ini, Kamis (6/8). Enam kasus positif didapat merupakan hasil tes swab dari 107 orang yang ditemukan dalam pelacakan (tracing) riwayat kasus positif sebelumnya di Kelurahan Tanah Lapang, Air Dingin dan Kelurahan Saringan.

"Saat ini keenam warga itu sudah dikarantina di gedung Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sungai Durian. Jika semua yang terkonfirmasi positif Covid - 19 ini tidak ditemukan gejala penyakit lainnya atau OTG, maka cukup kita karantina di sini saja, namun jika ditemukan penyakit bawaan lainnya, maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan," kata sekretaris gugus tugas penangana (GTP) Covid - 19 Kota Sawahlunto, Adriyusman kepada harianhaluan.com, Kamis (6/8).

Pihak GTC sebut Adriyusman, akan terus melakukan tracing kepada riwayat kontak dari enam kasus baru ini. Selain itu sosialisasi penerapan protokol kesehatan terus gencar dilakukan kepada masyarakat.

Adriyusman juga menjelaskan, kasus positif covid baru di Sawahlunto berawal dari satu orang warga Kelurahan Tanah Lapang yang mudik lebaran Idul Adha pada Senin (27/7) lalu. Dari riwayat kontak pasien tersebut diduga 66 orang yang setelah dilakukan tes swab didapat hasilnya 6 orang positif Covid - 19.

"Dari tracing enam orang itu didapat lagi 3 orang yang positif. Tim gugus tugas terus menelusuri riwayat kontak pasien positif untuk dilakukan tes swab. Dari 107 sampel terkonfirmasi positif sebanyak 6 orang lagi. Hinga saat ini ada 16 kasus baru positif Covid di Sawahlunto yang berasal dari Tanah Lapang, Air Dingin, Saringan dan Durian II," tuturnya.(*)
 

Editor: Administrator

Terkini

Padang Panjang Kembali Raih Penghargaan KLA

Jumat, 30 Juli 2021 | 20:11 WIB

Kota Sawahlunto Masuk Zona Merah Covid-19

Jumat, 30 Juli 2021 | 18:43 WIB
X