Lagi, Sumatera Barat Ukir Prestasi: Daerah Paling Taat PSBB

- Kamis, 20 Agustus 2020 | 23:05 WIB

HARIANHALUAN.COM - Lembaga survei Indikator baru merilis hasil survei para tokoh dalam memandang efektivitas PSBB, Kamis (20/8). Berdasarkan hasil survei, Sumatera Barat (Sumbar) menduduki skor tertinggi terkait pelaksanaan PSBB di masing-masing provinsi.

"Skor pelaksanaan PSBB menurut elit, Sumatera Barat mendapat skor paling tinggi. Sedangkan Jawa timur paling rendah," ujar Direktur Eksekutif Survei Indikator Burhanuddin Muhtadi dalam pemaparannya, Kamis (20/8).

Burhanuddin melanjutkan, 304 elit yang disurvei dan juga merupakan opinion maker itu, memandang tidak ada skor signifikan dalam pelaksanaan PSBB. Meskipun, ia menyebut bahwa dari semua provinsi, Jawa Timur menjadi yang paling rendah penilaian pelaksanaan PSBB-nya.

"Pertama Sumbar dengan skor 67, kemudian DKI Jakarta dengan 66,3 dan Jabar sama, 66,3," ucapnya.

Namun demikian mengutip survei, Burhan menegaskan bahwa mayoritas tokoh elit memandang jika penyebaran Covid-19 tidak terkendali. Bahkan, penilaian tidak terkendalinya penyebaran wabah oleh elit, mencapai 64,4 persen.

Burhanuddin menambahkan, dari semua daerah yang mengendalikan Covid-19 di Indonesia, Sumatera Barat kembali menjadi daerah paling berhasil di Indonesia. Sedangkan posisi kedua pengendalian penyebaran covid-19 terbaik di Indonesia adalah Jawa Barat dengan 65,7 persen. Untuk DKI, kata dia, ada di posisi ketiga dengan skor 65,6 persen.

"Meski tidak signifikan, Sumatera dianggap menjadi daerah paling berhasil di Indonesia," ujarnya.

Burhan menegaskan, dari semua penilaian provinsi, Jawa Timur kembali menjadi daerah dengan pengendalian covid-19 terendah. Dengan skor 54,2 persen. Bahkan, Jawa Timur sambungnya, juga menjadi daerah dengan nilai paling kecil dalam menekan tingkat kematian karena covid-19.

"Untuk ini, DKI Jakarta memimpin dengan 67,6 persen, disusul Jabar dan Sumatera Barat," ungkap dia.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB

Camat di Padang Pariaman Diminta Tingkatkan PRDB

Jumat, 24 September 2021 | 12:12 WIB
X