Cegah Penyebaran Covid-19, Wartawan Diingatkan Lakukan Wawancara Secara Online

- Sabtu, 22 Agustus 2020 | 18:07 WIB

HARIANHALUAN.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat, mengimbau wartawan yang bertugas di lapangan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal itu disinyalir terpaparnya salah satu wartawan.

"Kami imbau kepada kawan-kawan di lapangan bisa memberikan contoh terlebih dahulu agar tetap menjaga jarak, makai masker dan selalu mencuci tangan ketika bertugas," ujar Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, Sabtu (22/8/2020).

Pada saat wawancara, kata dia, apabila tidak diperlukan untuk berdekatan dengan narasumber dalam berwawancara tersebut, maka lakukanlah wawancara daring dan memanfaatkan tekhnologi yang ada demi terhindarkan penyebaran virus tersebut.

"Imbauan tersebut disinyalir dengan terpaparnya salah seorang wartawan TV inisial F," beber Heranof.

Harapan serupa juga diungkapkan Ketua Pengurus Ikatan Jurnalis Telvisi Indonesia (IJTI) Sumbar John Nedy Kambang. F terdampak Covid-19 setelah melakukan tes Swab dan hasilnya positif terpapar virus. "Kami imbau kepada wartawan yang ada di lapangan untuk melakukan wawancara dengan cara online," sebut John Nedy Kambang.

Ditambahkannya, F sendiri terkhir melakukan peliputan terkait gelombang besar test swab di salah satu Puskesmas di Padang. Waktu itu, ia menyatakan ikut melakukan tes Swab dan hasilnya dinyatakan positif pada Sabtu pagi.

"F sendiri menyampaikan bahwa diri baik-baik saja dan sedangkan menjalankan isolasi pasca pengumuman hasil Swab yang dilakukannya," ujarnya John Nedy Kambang didampingi Sekretaris IJTI Sumbar, Noval Wiska.

Dengan terpaparnya salah satu wartawan itu, PWI maupun IJTI Sumbar berharap bisa menjadi peringatan bagi wartawan lain yang berjibaku di lapangan dan selalu mengutamakan protap kesehatan saat berinteraksi dengan narasumber. Kapan perlu dilakukan melalui online.

"Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh wartawan yang dinyatakan positif itu. Karena tes Swab dilakukan dengan kesadaran dari dirinya sendiri dan itu juga bisa diikuti oleh wartawan lainnya," tukasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wabup Agam dan 350 ASN Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

Senin, 2 Agustus 2021 | 23:41 WIB

Sumbar Menuju Nagari Tageh Bidang Hukum

Senin, 2 Agustus 2021 | 23:35 WIB

Keluarga Berperan Antisipasi Penyebaran Covid-19

Senin, 2 Agustus 2021 | 21:17 WIB

816 KPM Tiga Kelurahan di Padang Panjang Terima BST

Minggu, 1 Agustus 2021 | 09:39 WIB
X