BPBD Pasaman Terima Alat Pendeteksi Dini Gempa Bumi dari BMKG

- Jumat, 4 September 2020 | 20:58 WIB

HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman, terima satu unit alat pendeteksi dini besaran guncangan gempa bumi (EEWS) dari BMKG. Alat itu diterima langsung oleh Kalaksa BPBD setempat, Ricky Riswandi, Jumat (4/9/2020).

"EEWS adalah system generasi terbaru yang dimiliki oleh BMKG, guna mendeteksi terjadinya Gempa Bumi bagi daerah yang rawan terjadinya gempa bumi," jelas Ricky.

Alat bernama Earthquake Early Warning System (EEWS) itu akan bekerja memberi sinyal dalam hitungan detik sebelum gempa terjadi. Sinyal gempa akan diterima oleh BMKG pusat dan kemudian akan diteruskan ke masing-masing BPBD yang telah memiliki alat tersebut.

"Alat pendeteksi gempa yang ada diseluruh Indonesia akan mengirimkan gelombang P ke alat deteksi dan ditangkap oleh server yang ada di BMKG. Selanjutnya diteruskan ke Monitor EEWS yang ada di BPBD," katanya.

Sehingga, lanjut Ricky, semua gempa yang terjadi di Indonesia, berapa kekuatan gempa, dan potensi dampak yang mungkin ditimbulkan, akan terbaca di layar monitor. Pihak BMKG meminta alat tersebut dijaga dan jangan dirusak.

"Melalui peralatan ini kita berharap tidak ada keresahan masyarakat tentang banyaknya informasi simpang siur apabila terjadi gempa bumi," tambahnya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Wabup Padang Pariaman Buka Rakor Gabungan GOW dan OPD

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:50 WIB

Dua Pasien Covid-19 Agam Dilaporkan Sembuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Fadil dan Putri Jadi Uda-Uni Kota Padang Panjang 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:10 WIB

Nagari Campago Padang Pariaman Cairkan BLT DD Besok

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:24 WIB

Ir. Jetson, MT Dilantik jadi Pj Sekda Agam

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:42 WIB
X