Ini 5 Situs untuk Cek Data Pribadi Bocor di Internet

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 11:27 WIB

HARIANHALUAN.COM - Untuk mengetahui apakah data pribadi seperti email dan password pengguna sudah pernah bocor dan diperjualbelikan di internet bisa dilakukan dengan mengecek lima situs berikut.

Ancaman keamanan data pribadi semakin meningkat seiring perkembangan dunia digital yang merambah berbagai sektor. Seringkali korban tidak sadar data pribadi berupa email, kata sandi, hingga nomor ponsel telah dicuri peretas.

Korban baru sadar datanya dicuri apabila peretas telah melancarkan serangan untuk mengambil alih akun media sosial hingga melakukan pengurasan rekening korban.

Untuk menyadari pencurian data pribadi sebelum terjadi serangan, seseorang bisa melakukan pengecekan apakah email dan kata sandinya telah dicuri.

Berbagai situs yang bisa dijadikan rujukan masyarakat untuk melakukan pengecekan kebocoran email dan kata sandi.

1. Avast
Anda bisa memeriksanya di avast.com, situs keamanan internet lintas platform untuk Microsoft Windows, macOS, Android dan iOS. Caranya, akses situs berikut: https://www.avast.com/hackcheck/.

Di email, Avast akan melaporkan berapa kali password email Anda bocor. Avast juga menginformasikan email Anda bocor saat terhubung dengan situs apa saja, misalnya Gmail hingga berbagau layanan e-commerce.

2. Have I Been Pwned?
Have I Been Pwned bekerja untuk melacak pelanggaran yang menggunakan email Anda. Serupa dengan Avast, Anda hanya perlu memasukkan alamat email dan situs akan melakukan pengecekan apakah email Anda  terancam.

Untuk pelanggaran yang lebih sensitif, situs https://haveibeenpwned.com/, bisa memberi layanan tersebut, namun Anda diminta untuk mendaftar di situs itu lebih dulu.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Baznas Agam Targetkan Zakat Rp11 Miliar Tahun 2022

Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:16 WIB
X