Selamatkan Perekonomian Ditengah Pandemi, OJK Sumbar Keluarkan Sejumlah Kebijakan

- Minggu, 1 November 2020 | 22:09 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar, Misran Pasaribu mengatakan OJK sudah cukup banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam rangka stimulus ekonomi sehubungan dengan adanya pandemi covid-19.

Kebijakan-kebijakan tersebut, kata Misran tentunya juga disinergikan dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Setidaknya, OJK telah menerbitkan 11 kebijakan stimulus dalam bentuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) selama masa pandemi ini. Kebijakan stimulus ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas keuangan pada masa pandemi Covid-19 yang bertujuan untuk mencegah dampak pandemi Covid-19 terhadap industri jasa keuangan dan perekonomian nasional semakin meluas serta untuk kesejahteraan masyarakat," ucap Misran. 

11 Kebijakan tersebut, kata dia meliputi 3 kebijakan stimulus untuk industri perbankan; 5 kebijakan stimulus untuk industri pasar modal; 2 kebijakan stimulus untuk industri keuangan non-bank; dan 1 kebijakan stimulus yang berlaku untuk semua industri keuangan.

Sesuai dengan fungsi OJK dalam pengawasan Mikroprudensial, Misran menegaskan bahwa peran OJK dalam pertumbuhan ekonomi sangat besar.

Sebagai Otoritas pada sektor jasa keuangan, OJK telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan stimulus kepada industri jasa keuangan (IJK) pada masa pandemi Covid-19 ini.

Kebijakan stimulus ini dititikberatkan pada upaya untuk meringankan beban masyarakat terutama yang merupakan konsumen IJK mengingat dampak pandemi Covid-19 yang sangat luas, selain itu kebijakan stimulus ini juga menyasar agar fungsi intermediary bank pada masa pandemi tetap berjalan. 

“Stimulus yang diberikan OJK juga bertujuan agar IJK tetap menyalurkan kredit kepada masyarakat baik perorangan maupun korporasi di masa pandemi ini, karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa penyaluran kredit memiliki peran penting dalam pembiayaan perekonomian nasional dan merupakan motor penggerak pertumbuhan ekonomi," ucap Misran kepada Haluan beberapa waktu lalu.

Misran menjelaskan bahwa OJK Provinsi Sumatera Barat sendiri telah berperan optimal dalam merespon perekonomian dimasa pandemi ini, antara lain dengan mengawal penerapan kebijakan stimulus perekonomian yang telah dikeluarkan oleh OJK.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Padang Panjang Peringati Momentum Sumpah Pemuda

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:55 WIB

25 Nagari di Agam Gelar Pilwana Serentak

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:25 WIB

OPD Diminta Padang Panjang Diminta Bersinergi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:55 WIB
X