Satgas Penanganan Covid-19 Mentawai Tes Swab 60 Pelaku Usaha

Administrator
- Senin, 2 November 2020 | 14:51 WIB

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Dalam meminimalisir penyebaran virus corona di Kabupaten Kepulauan Mentawai Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat setidaknya telah mengambil sample tes swab sebanyak 60 orang pelaku usaha.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Mentawai Lahmuddin Siregar melalui konferensi pers, Senin (02/11) di Aula sekretariat Daerah Mentawai. 

"Dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 kita telah melakukan kegiatan secara masif dan agresif  mengambil sampel swab terhadap para pelaku usaha kemaren sudah tercatat sebanyak 60 sampel dan sekarang sedang menunggu hasil, dan hal ini sudah ditegaskan dalam Surat Edaran Bupati, " papar Lahmuddin. 

Ia menyebutkan kegaiatan  pengambilan sampel swab test dilakukan secara door to door atau jemput bola ke rumah masyarakat selaku pengusaha, meski awalnya banyak penolakan, namun setelah diberikan pemahaman, masyarakat secara koperatif mau melakukan swab test. 

"Bahkan sekarang, justru ada yang menawarkan diri untuk melakukan swab test, sebelum banyak yang takut dan menolak dilakukan Swab, karena persepsi masyarakat swab test itu sakit, padahal tidak, " imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Juru bicara bidang teknis penanganan Covid-19 Mentawai Serielie BW melalui media menyampaikan kepada Masyarakat bahwa langkah yang diambil pemerintah tersebut semata-mata untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di kabupaten kepulauan Mentawai jangan sampai menyebar kemana-mana, kalau sudah banyak tentu akan sulit bagi kita mengendalikan wabah penyakit ini, jangan masyarakat berfikir negatif dulu," timpalnya.

Hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Mentawai telah menembus 113 kasus, setelah adanya penambahan kasus baru 10 orang hari ini, sedangkan yang sudah sembuh tercatat 71 orang, sedangkan sisanya masih menjalani isolasi. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Brian Putra Bastara Angkat Bicara Perihal UMP Sumbar

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:22 WIB

IJP Bantu Bedah Rumah Warga di Marabau Pariaman 

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:28 WIB

Tahun 2022, Bank Nagari Bertabur Prestasi

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:55 WIB
X