Pilwana Tahun 2021 Diikuti 30 Nagari di Pesisir Selatan

- Sabtu, 14 November 2020 | 08:51 WIB

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Guna mengisi kekosongan jabatan walinagari, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan menggelar pemilihan walinagari (Pilwana) serentak tahun 2021 yang diikuti sebanyak 30 nagari.

Tahapan-tahapan persiapan pemilihan di 30 Nagari sudah dimulai. Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMP2KB) Wendi, bahwa Pilwana itu nantinya akan diikuti oleh 30 nagari yang berada di Kabupaten Pessel.

"Ya, ada sebanyak 30 nagari yang akan mengadakan alek demokrasi tersebut," ujar Wendi dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Sabtu (14/11).

Pemilihan walinagari merupakan sebuah pesta demokrasi ditingkat nagari yang akan berlangsung di tahun 2021 di Kabupaten Pesisir Selatan.

Dikatakannya, sejak UU no 6/2014 tentang Desa hadir maka seiring dengan itu demokrasi langsung juga menjadi bagian dari partisipasi rakyat di nagari untuk menentukan pemimpinnya.

Terlebih dari itu Pilwana yang digelar serentak membawa pesan bahwa masyarakat terlibat secara aktif menentukan sosok yang akan menjadi menejer nagari selama 6 tahun.

"Seorang Walinagari mesti paham manajemen pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan strategi pembangunan. Tujuan akhirnya adalah menjadi nagari mandiri," harapnya.(*)

Editor: Administrator

Terkini

Baznas Agam Targetkan Zakat Rp11 Miliar Tahun 2022

Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:16 WIB
X