Lelang.go.id, Aplikasi Mempermudah Masyarakat Melakukan Lelang Online

- Sabtu, 21 November 2020 | 13:50 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Lelang.go.id merupakan situs resmi milik pemerintah yang menyangkut lelang online. Situs tersebut dikelola Jenderal Kekayaan Negara mengelola situs tersebut yang bekerja sama dengan beberapa Bank Nasional seperti BNI, Mandiri, BTN, serta Bri. Situs ini juga punya aplikasi yang tersedia di Play Store. Sehingga aplikasi ini mempermudah masyarakat melakukan lelang online.

Seperti dilansir dari website Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumbar, Sabtu (21/11/2020), ada beberapa jenis barang yang dilelang di situs ini cukup beragam mulai dari asset property seperti tanah, rumah, ruko, pabrik, hotel, vila, hingga beberapa benda keperluan seperti obyek inventaris serta elektronik.

Ditjen Kekayaan Negara telah menyiapkan 71 cabang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) supaya masyarakat di seluruh Indonesia lebih mudah mengaksesnya.

Untuk bisa mengikuti lelang secara online melalui aplikasi Lelang.go.id ini, maka adanya beberapa langkah yang harus diikuti seperti dibawah ini:

Pertama, Anda harus mendaftar akun terlebih dahulu dengan mengisi nama lengkap, e-mail, nomor ponsel, serta password. Setelah itu aktivasi akun melalui email. Setelah punya akun dan masuk ke laman lelang.go.id, Anda tinggal memilih benda yang akan dibeli di beranda berdasarkan kategori benda atau kantor cabang yang tersedia. 

Klik “Ikut Lelang” lalu centang status keikutsertaan dengan memilih salah satu opsi diantara ‘’Saya mengikuti lelang ini untuk diri sendiri’’ atau “saya mengikuti lelang atau kuasa dari badan hukum.’’

Melengkapi dokumen yang disyaratkan dalam pengumuman lelang, lalu mencentang pernyataan “Saya berkehendak untuk mengikuti lelang serta telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan lelang ini”, lalu klik “ikut lelang ini”. 

Setelah mengikuti prosedur diatas, Anda bisa setor uang jaminan lelang berdasarkan petunjuk pembayaran yang telah disediakan.  Setelah itu Anda tinggal menunggu verifikasi  penyetoran uang jaminan dari Pegawai KPKNL untuk bisa mengajukan penawaran lelang. 

Berikut dibawah ini syarat dan ketentuan lelang online di Lelang.go.id, diantaranya yaitu: 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wabup Padang Pariaman Buka Rakor Gabungan GOW dan OPD

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:50 WIB

Dua Pasien Covid-19 Agam Dilaporkan Sembuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Fadil dan Putri Jadi Uda-Uni Kota Padang Panjang 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:10 WIB

Nagari Campago Padang Pariaman Cairkan BLT DD Besok

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:24 WIB

Ir. Jetson, MT Dilantik jadi Pj Sekda Agam

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:42 WIB

Manajemen PLN UIW Sumbar Kunjungi PLTM Salido Kecil

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:07 WIB

Bupati Sutan Riska Disambut Hangat di Sumatera Selatan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 23:09 WIB
X