Terapkan Prokes, Gelaran Pameran dan Bazaar UMKM di Dharmasraya Resmi Dimulai

Administrator
- Selasa, 5 Januari 2021 | 13:48 WIB

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Gelaran Pameran dan Bazar yang diperuntukkan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di areal persawahan masyarakat Jorong Piruko Utara Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, resmi dimulai. 

Pantauan HarianHaluan. Com, Selasa (05/01/2021), prosesi pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan beserta segenap perwakilan unsur Forkopimda dengan menerapkan standar protokol kesehatan bebas COVID-19 secara ketat. 

Ketua Panitia Pameran dan Bazaar UMKM yang sekaligus juga menjabat sebagai Asisten II pada Sekretariat Daerah setempat, Yernaldi,mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh setidaknya 50 kelompok usaha kecil menengah berbagai jenis yang dibinaw oleh pihak Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dharmasraya. 

" Selain ajang promosi kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun sinergitas antar pelaku usaha untuk mencari formulasi yang tepat dalam memacu produksi mereka pasca dilanda wabah pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih membayangi kegiatan usaha mereka, "jelasnya.

Disamping itu, lanjutnya, ajang tersebut juga dijadikan sarana untuk melatih kedisiplinan pelaku UMKM dalam menjalankan usaha di tengah pandemi dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat dan benar sebagaimana diatur oleh pemerintah melalui setiap jenjang dan tingkatan. 

"Sehingga upaya memulihkan secara bertahap situasi perekonomian masyarakat yang menjadi target pemerintah bisa terlaksana dengan baik, " sebutnya. 

Sementara itu, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan disela-sela kunjungan ke stand pameran dan bazaar mengatakan, membangun daya tahan para pelaku UMKM pasca krisis pandemi merupakan salah satu titik perhatiannya kedepan. 

"Dharmasraya punya banyak potensi dengan kekhasan tersendiri yang layak untuk dikembangkan, melalui kegiatan ini bisa dijadikan gambaran bagaimana usaha berbasiskan kearifan lokal masyarakat bisa menjadi kekuatan dalam mendukung upaya peningkatan daya beli masyarakat, " ungkapnya. 

Kedepan, lanjutnya, pihak pemerintah daerah bersama pihak terkait lainnya akan melanjutkan kolaborasi dalam mendukung kegiatan usaha masyarakat baik dalam bentuk regulasi maupun bentuk dukungan lainnya yang dibenarkan pelaksanaannya oleh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X