Respon Usulan Mario Syah Johan! Besok, PSDA Sumbar Survei Rencana Irigasi di Lubuk Malako

Administrator
- Selasa, 16 Februari 2021 | 21:53 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Sumatra Barat (Sumbar) besok Rabu (17/2/2021) akan melakukan survei terkait usulan anggota DPRD Sumbar Mario Syah Johan yang dialokasikan sekitar Rp1,6 miliar pembuatan saluran irigasi yang runtuh di Nagari Lubuk Malako kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel).

Kabid Irigasi dan Rawa PSDA Sumbar, Refdizal membenarkan bahwa pembuatan saluran irigasi di Lubuk Malako nanti merupakan usulan Mario Syah Johan di Komisi IV DPRD Sumbar dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,6 miliar.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Besok, rencana kami akan melakukan survei ke Solsel. Ada tiga usulan pak Mario, pertama irigasi Sungai Aro, Lubuk Malako dan irigasi Sapan Kayu Manang di Surian yang berada di kabupaten Solok," kata Refdizal pada Harianhaluan.com, Selasa (16/2/2021).

Dia mengatakan, usulan tersebut dimasukkan di 2020 dan direalisasikan pada 2021.

"Diperkirakan proses tender pada awal Maret 2021 dan pengerjaan proyek bisa dimulai April atau Mei 2021. Tahap awal kita survei dulu ke lapangan," ucapnya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Dia mengucapkan terimakasih kepada Mario yang telah memberikan usulan untuk pembuatan saluran irigasi.

"Dengan adanya usulan ini, semoga areal pertanian masyarakat bisa teraliri air nanti sehingga bisa meningkatkan hasil produksi petani," ujarnya.

Terpisah, Wali Nagari Lubuk Malako, Riono Pendri juga memberikan apresiasi terhadap usulan pokok pikiran Mario Syah Johan dalam pembuatan saluran irigasi di wilayah ini karena irigasi tersebut mengairi areal pertanian masyarakat.

"Saluran irigasi itu tidak hanya untuk kebutuhan pertanian saja. Namun, juga untuk kebutuhan harian masyarakat. Apalagi, sektor pertanian menjadi jantung ekonomi bagi masyarakat di Lubuk Malako umumnya berprofesi sebagai petani. Kami sangat berharap perhatian dari para wakil rakyat yang peduli," katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X