Diskominfo Sumbar Tunggu 'Restu' BSSN untuk Aplikasi PPDB Online

- Senin, 31 Mei 2021 | 22:26 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pada 21 Juni 2021 nanti, Pelaksanaan PendaftaranPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA dan SMK akan digelar. Hingga kini, segala persiapan terus dimatangkan seperti penyediaan aplikasi pendaftaran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pembuatan aplikasi pendaftaran PPDB Online tahun 2021. Saat ini, Diskominfo Sumbar hanya menunggu persetujuan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk dapat menggunakan aplikasi PPDB Online tersebut pada tahun ajaran ini.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Alhamdullilah kalau aplikasi sudah 100 persen, tinggal menunggu keputusan dari BSSN saja," kata Jasman.

Jasman menyampaikan, proses pendaftaran PPDB tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab Diskominfo Provinsi Sumatera Barat langsung diberi kewenangan untuk menyediakan aplikasi pendaftaran PPDB.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menurut Jasman, guna mengantisipasi kesalahan seperti tahun lalu, maka pada tahun ini kapasitas yang disediakan untuk entri data mencapai 150 ribu orang, sedangkan peserta PPDB online hanya diperkirakan sebanyak 100 ribu orang. Hal ini dilakukan, agar saat entri data siswa masih banyak ruang dan tidak memberatkan server sehingga mudah diakses.

"Kita harapkan dengan upaya ini sistem tidak lagi sering eror seperti tahun lalu," katanya.

Ketua Pelaksana PPDB SMA/SMK Sumbar Tahun 2021, Suindra mengatakan, uji coba PPDB tahap dua yang akan dilaksanakan pada 3 hingga 6 Juni 2021 mendatang. Sementara itu, untuk pendaftaran secara resmi direncanakan dibuka pada 21 Juni mendatang.

Suindra berharap, agar seluruh siswa kelas sembilan yang tamat dapat mengikuti uji coba PPDB online tahap dua. Sebab uji coba PPDB dilakukan untuk melatih siswa agar mengetahui cara dan teknis pendaftaran PPDB online tahun ini.  (*)

Editor: Administrator

Terkini

X