Udang Vaname Tembus Pasar Dunia, Kadin Sumbar Ingin Menteri KKP Beri Perhatian Khusus

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 18:40 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sumbar menaruh harapan besar terhadap kunjungan yang dilakukan Menteri Kelautan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI), Sakti Wahyu Trenggono ke Sumbar. Diharapkan dapat meningkatkan potensi kelautan dan perikanan daerah.

Pengurus Kadin Sumbar, Rahim Mardanis mengatakan, serangkaian kegiatan telah dijadwalkan dan terdapat diantaranya kunjungan  Menteri KKP ke lokasi usaha pembenihan udang, gurami dan ikan hias lokal di Kabupaten Limapuluh Kota.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Di Sumbar memiliki potensi perikanan khususnya budidaya udang vaname cukup besar dengan ketersediaan fasilitas yang dibutuhkan," ujar Rahim.

Menurut Rahim, dibutuhkan upaya nyata pemerintah menggenjot produksi udang karena telah ditargetkan sebelumnya ekspor  senilai 250 persen tahun 2024 dapat dicapai.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Target tersebut didukung potensi lahan perikanan air payau yang cukup luas yakni mencapai 7.700 hektar dan untuk sekarang ini pemanfaatan lahan baru mencapai lebih kurang 150 hektar," ucap Rahim.

Rahim melihat, cukup beralasan jika perintah dari waktu ke waktu berupaya menggenjot produksi udang vaname yang diharapkan dapat menembus pasar dunia, bukan sekedar memenuhi kebutuhan lokal yang jumlahnya relatif terbatas. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X