7 Kasus Kekerasan Seksual Terjadi di Sumbar, Didominasi Pemerkosaan

Administrator
- Jumat, 11 Juni 2021 | 19:32 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Women Crisis Center (WCC) Nurani Perempuan mencatat sebanyak 7 (tujuh) laporan kasus terhadap kekerasan seksual sepanjang bulan Januari-April 2021. Kasus kekerasan seksual tersebut didominasi pemerkosaan, dan juga ditemukan Kekerasan Gender Berbasis Online (KGBO).

"Dari 7 laporan korban yang datang langsung ke kantor Nurani Perempuan, usia korban bervariasi antara 16 -40 tahun,“ kata Direktur Nurani Perempuan, Rahmi Meri Yenti, Jumat (11/6/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Merri menjelaskan Kekerasan Gender Berbasis Online atau KGBO ini modusnya beragam mulai ancaman penyebaran data-data atau foto pribadi korban ataupun tindakan lain yang akan menjadikan korban tidak dapat berkutik, selain memenuhi apa yang diminta pelaku.

Adapaun kasus ini, sambung Merri, terjadi berawal dari perkenalan di media sosial yang berlanjut hingga perkenalan lebih dekat.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Namun berdasarkan data tahun 2020 lalu, tidak ada laporan pemerasan dalam bentuk uang, namun hanya pemerasan dalam memenuhi nafsu seksual pelaku," ujar Merri.

Lebih lebih, kata Merri, KGBO ini, diduga terjadi karena canggihnya teknologi yang tidak beriringan dengan kesadaran akan bahaya dalam menyebarkan foto pribadi.

"Agar terhindar dari KGBO, disarankanb tidak mengirimkan foto pribadi ke orang lain," pungkasnya. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X