Masih Ada 1.021 Hektare Kawasan Kumuh di Sumbar

- Minggu, 20 Juni 2021 | 13:19 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, di Sumbar kawasan kumuh yang merupakan kewenangan provinsi berjumlah 1.021 hektare yang tersebar di 79 kawasan.

Audy menyebutkan, sesuai RPJMD 2021 – 2026 Pemprov Sumbar mempunyai arah kebijakan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman dengan melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualitas kawasan perumahan kumuh dan permukiman kumuh dengan strategi penyusunan dokumen rencana aksi penataan kawasan permukiman kumuh.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Tantangan lain dalam mewujudkan pemenuhan hunian bagi seluruh masyarakat adalah dalam hal pembiayaan perumahan. Salah satu upaya pemerintah untuk menangani persoalan itu adalah dengan menjalin kerjasama dengan bank umum dan bank pembangunan daerah," kata Audy.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Audy juga mengatakan, sementara itu dari sisi kelembagaan, dukungan untuk bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) dalam bentuk kebijakan dan dokumen perencanaan juga belum memadai.

Padahal menurut Audy, produk perencanaan seperti Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman (RP3KP), maupun rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan (RP2KPKP) sangat penting dalam upaya pengembangannya.

"Mudah-mudahan momen ini bisa menjadi ajang sharing informasi dan menambah khazanah wawasan kita demi terciptanya penyelenggaraan perumahan yang berkualitas dan pro aktif," tutup Audy. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Sumbar Butuh Tambahan Vaksin Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:40 WIB
X