PPDB Sumbar untuk SMA, 45% Jalur Afirmasi Akomodir Siswa Tidak Mampu

- Minggu, 20 Juni 2021 | 13:26 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Seiring dengan penerimaan Siswa Menengah Tingkatan Pertama (SLTP), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar memulai penerimaan peserta Didik baru (PPDB) secara online 2021 tingkat SMA/SMK.

Ketua PPDB Sumbar, Suindra menyebutkan untuk memudahkan calon peserta didik, Disdik Sumbar menyediakan 4 (empat) jalur pendaftaran yang bisa diikuti oleh calon siswa.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Kita dari dinas pendidikan Sumbar untuk tahun 2021/2022 peraturan kita sudah siap ditandatangani pak Gubernur, yaitu Pergub Nomor 12 tahun 2021," ujar Suindra.

Peraturan tersebut mempedomani Permendibud nomor 1 tahun 2021 terkait dengan penerimaan peserta Didik baru secara nasional.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Ada beberapa prinsip yang kami sampaikan kepada anak-anai kita dari SMP di Sumbar termasuk juga orang tua dan kepala sekolah SMP, bahwa penerimaan tahun ini ada empat jalur," tekan Suindra.

Suindra merinci, jalur pertama yaitu zonasi minimal 50 persen dari data tampung pendidikan. Jalur zonasi ditetapkan berdasarkan domisili peserta didik dan sekolah sesuai kelurahan masing-masing.

"Zonasi dilakukan berdasarkan kelurahan dan berkoordinasi dengan Disdukcapil di daerah setempat," kata Suindra.

Selain itu, zonasi juga dibuktikan dengan alamat yang berdasarkan Kartu Keluarga (KK) diterbitkan paling singkat 1 tahun sejak pendaftaran PPDB.

"Tujuan kita menerapkan zonasi ini untuk mengantisipasi adanya blank zone, daerah-daerah yang tidak terjangkau," ulas Suindra.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Sumbar Butuh Tambahan Vaksin Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:40 WIB
X