Gambir Jadi Produk Unggulan, Gubernur Sumbar: Perlu Upaya Luar Biasa Mewujudkannya

Administrator
- Selasa, 29 Juni 2021 | 13:16 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyebut perlu upaya luar biasa untuk menjadikan gambir sebagai produk unggulan daerah yang bisa memberikan keuntungan ekonomi kepada para petani.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Selama ini harga gambir selalu ditetapkan oleh pengusaha, sementara petani hanya bisa pasrah menerima. Perlu langkah luar biasa agar ke depan petani tidak lagi dirugikan," katanya saat audiensi dengan petani gambir di Gubernuran, Selasa (29/6/2021).

Mahyeldi mengatakan Pemprov Sumbar akan menjajaki kemungkinan keterlibatan pemerintah daerah dalam mengelola komoditas gambir tersebut, salah satunya mungkin dengan mendirikan Perusahaan Daerah (Perusda).

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Ada beberapa alternatif yang bisa dijajaki, misalnya dengan sistem resi gudang. Pemerintah melalui Perusda membeli gambir petani dengan harga yang wajar, kemudian baru bernegosiasi dengan pengusaha terkait harga," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Mahyeldi, harga jual petani bisa lebih stabil sehingga tidak perlu pusing lagi dalam hal pemasaran.

Mahyeldi mengatakan tidak akan ada yang dirugikan dengan kebijakan yang tengah dijajaki itu. Pihak-pihak yang selama ini mengambil gambir langsung dari masyarakat bisa dibawa bergabung dengan Perusahaan Daerah sehingga tidak harus kehilangan mata pencariannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Bank Nagari sebagai Bank milik pemerintah daerah juga akan didorong untuk berperan dalam menunjang pendanaan dalam pengelolaan gambir tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X