Kurban 1442 H, Tidak Boleh Masak dan Makan Bersama

- Selasa, 20 Juli 2021 | 10:10 WIB
Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. ( (Foto: Fadil))
Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. ( (Foto: Fadil))


SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM – Panitia pelaksanaan kurban Idul Adha 1442 H di Kota Sawahlunto tidak dibenarkan menggelar makan bersama. Begitu hewan usai disembelih, daging kurban dibagikan langsung ke rumah warga yang berhak menerima.

Baca Juga: Data Ikappi, 5 Juta Pedagang Pasar Gulung Tikar karena PPKM Darurat

Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran bernomor 400/204/Kesra-SWL/SE/2021 yang diteken Walikota Sawahlunto, Deri Asta, yang meminta pendistribusian daging kurban dilakukan langsung panitia kurban ke rumah masyarakat penerima.

“Selain dalam pelaksanaan penyembelihan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, juga tidak dibenarkan menggelar masak bersama, apalagi makan bersama,” ujar Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sawahlunto, Adriyusman kepada harianhaluan.com, Selasa (20/7).

Baca Juga: Disinggung Soal Operasi Kelamin Oleh Billy, Suara Asli Lucinta Luna Keluar

Hal itu ditujukan untuk mengurai kerumunan yang berkemungkinan akan ditimbulkan karena pelaksanaan ibadah kurban. Tentunya, lanjut Adriyusman pemerintah tidak akan melarang pelaksanaan ibadah.
Hanya saja pemerintah melakukan pembatasan terhadap masyarakat dalam melaksanakan ibadah kurban, dengan mengurangi kerumunan.

“Ibadah tetap berjalan, tetapi tidak ada penyebaran Covid-19,” katanya.

Adriyusman mengatakan, saat ini Sawahlunto berada di level tiga, yang membutuhkan dukungan bersama untuk menekan pertumbuhan kasus positif Covid-19.

Meski berada di level tiga, angka meninggal dunia Covid-19 di Kota Sawahlunto juga terus menunjukan kenaikan. Hingga awal pekan, Senin (19/7) angka meninggal dunia mencapai 25 kasus. (*)

 

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Fadilla Jusman

Terkini

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB

Camat di Padang Pariaman Diminta Tingkatkan PRDB

Jumat, 24 September 2021 | 12:12 WIB
X