Pandemi Covid-19, Semangat Kurban Warga Kolok Tetap Tinggi

- Selasa, 20 Juli 2021 | 12:20 WIB
Pemotongan hewan kurban di Nagari Kolok. (Foto: Fadil)
Pemotongan hewan kurban di Nagari Kolok. (Foto: Fadil)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Meski masih dilanda pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat masyarakat Kenagarian Kolok Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto untuk menjalankan ibadah kurban pada Idul Adha 1442 H. Sedikitnya nagari yang melingkupi tiga desa itu mencatatkan 84 kurban sapi dan 17 kambing dalam Idul Adha 1442 H ini.

"Alhamdulillah, masyarakat tetap melakukan ibadah kurban meski tengah diterpa pandemi Covid-19," ujar Kepala Desa Kolok Mudiak Nagari Kolok, Jufrinaldi kepada harianhaluan.com, Selasa (20/7).

Untuk tahun ini, terang Jufrinaldi, khusus desa yang dipimpinnya dengan dua masjid yang ada, menyembelih 24 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Dengan rincian 18 ekor sapi dan 5 ekor kambing di Masjid Abrar, dan 5 ekor sapi di Masjid Almujahidin.

Sementara itu, Desa Santua mencatatkan 48 ekor sapi dan 9 ekor kambing, yang akan disembelih di 7 masjid dan musala. Sedangkan Desa Kolok Nan Tuo yang memiliki 2 masjid akan memotong 12 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

"Semangat masyarakat untuk tetap berkurban di masa pandemi tetap tinggi. Hal itu disebabkan berkurban merupakan ibadah," ujar Lisrianto, Kepala Desa Kolok Nan Tuo.

Dalam penyelenggaraan ibadah kurban tahun ini, seluruh panitia kurban di Nagari Kolok sepakat untuk mengantarkan langsung daging kurban kepada masyarakat yang menerima.

"Tahun ini tidak ada.m memasak dan makan bersama, daging yang siap dipotomg-potong akan langsung diantarkan panitia ke penerimanya," kata Lisrianto.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kolok, Dahler Pangulu Sati menghimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari.

"Khusus untuk ibadah kurban, memang diwajibkan panitia mengantarkan langsung daging ke rumah penerimanya. Hal ini untuk meminimalisir hadirnya kerumunan," kata Dahler.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB

Camat di Padang Pariaman Diminta Tingkatkan PRDB

Jumat, 24 September 2021 | 12:12 WIB
X