Disiplin Protokol Kesehatan Kunci Menekan Penyebaran Covid-19 Sumbar

- Rabu, 21 Juli 2021 | 22:35 WIB
Warga tetap patuhi protokol kesehatan dengan rutin memakai masker.
Warga tetap patuhi protokol kesehatan dengan rutin memakai masker.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kasus covid-19 terus meningkat di Sumbar, korbannya tak pandang bulu bahkan terjadi kepada mereka yang sudah melakukan vaksinasi. Oleh karena itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbar terus mengingatkan kepada masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan saat keluar rumah.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terus Melonjak, IDI Sebut Rumah Sakit Sudah Kolaps

Ketua IDI Sumbar, dr. Pom Harry menegaskan, bahwa masyarakat yang telah melakukan vaksinasi tidak menutup kemungkinan terinfeksi virus Corona. Kuncinya adalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Jangan menganggap mereka yang sudah disuntik vaksin kebal dari virus Corona. Hanya saja tingkat keparahan dan kesakitannya jauh lebih rendah tiga kali lipat daripada mereka yang belum divaksin," katanya.

Baca Juga: Masyarakat Disarankan tak Konsumsi Ivermectin, PB IDI: Berhentilah Percaya pada Hal-hal Ajaib...

dr. Pom menjelaskan, bagi mereka yang terinfeksi setelah disuntik vaksin kekebalan tubuhnya belum muncul secara sempurna. Karena dibutuhkan 14 hingga 28 hari setelah penyuntikan vaksin covid-19 dosis kedua. Setelah disuntik vaksin kedua baru tercapai kekebalan tubuh sempurna.

Oleh karena itu, dr. Pom mengimbau kepada semua pihak terus mensosialisikan pemahaman terkait vaksinasi covid-19. Tujuan dimaksud agar bisa membangunkan imunitas tubuh, sehingga kondisi seseorang akan lebih kuat jika terinfeksi Corona.

"Kuncinya hanya disiplin terhadap protokol kesehatan. Karena saat pandemi ini jika kita disiplin maka akan terbentuk kekebalan kelompok atau biasa disebut Herd immunnity," tukasnya. (*)

Editor: Milna Miana

Terkini

Riau Siap Bantu Kebutuhan Oksigen untuk Sumbar

Kamis, 29 Juli 2021 | 11:25 WIB
X