PTBA Lirik Sawahlunto Jadi Sentra Peternakan

- Kamis, 22 Juli 2021 | 17:31 WIB
Tim PTBA meninjau kawasan pakan hijauan di Sawahlunto
Tim PTBA meninjau kawasan pakan hijauan di Sawahlunto


SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COMKota Sawahlunto dilirik menjadi sentra peternakan, berupa pengembangan sapi dan kambing, dengan mempersiapkan pakan hijauan teerlebih dahulu.

Hal itu diungkapkan GM PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Yulfaizon kepada harianhaluan.com, yang melihat begitu luasnya lahan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pakan ternak berupa hijauan.

“Untuk menjadi sentra peternakan tentu harus mempersiapkan pakan terlebih dahulu, sebelum membeli ternak. Sebab, kebutuhan hijauan menjadi utama sumber pakan ternak,” ujar Yulfaizon.

Putra Nagari Kubang Sawahlunto itu, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang dipimpinnya sudah mulai melakukan pembinaan terhadap beberapa kelompok peternak di Kota Sawahlunto.

Yulfaizon meyakini, pasar untuk ternak di Sumatera Barat masih terbuka lebar. Setidaknya untuk Payakumbuh sendiri membutuhkan 500 ekor kambing setip bulan. Itu baru untuk satu daerah yang ada di Sumatera Barat.

Riki Ekoni (39) salah seorang peternak di Kota Sawahlunto, di bawah bimbingan PT Bukit Asam sejak setahun terakhir mulai mengembangkan areal pakan hijauan ternak di beberapa lokasi.

“Kebutuhan akan komoditas peternakan masih cukup tinggi, sektor ini masih bisa terus dikembangkan masyarakat di masa-masa sulit, terutama di tengah pandemi. Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,” ungkap Riki Ekoni.

Riki mengungkapkan, saat ini bersama beberapa pemuda di desanya, tengah membudidayakan kambing dan diselingi beberaoa komoditas pertanian muda, guna menopang kebutuhan keluarga.

Pria yang cukup lama mendalami dunia kontraktor jasa dan kontruksi itu, memilih peternakan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Katanya, tidak bisa berbuat banyak, pandemi ini tidak tahu kapan akan berakhirnya. Sementara kebutuhan tetap terus harus dipenuhi.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Sumbar Butuh Tambahan Vaksin Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:40 WIB
X