TPK IASMA 1 Bukittinggi Sebar Hewan Kurban ke Daerah Terpencil untuk Ketiga Belas Kalinya

- Jumat, 23 Juli 2021 | 05:48 WIB
TPK IASMA 1 Landbow Bukittinggi tebar hewan qurban di Muaro Tais, Pasaman. (Rls)
TPK IASMA 1 Landbow Bukittinggi tebar hewan qurban di Muaro Tais, Pasaman. (Rls)

BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Pada Idul Adha 1442H ini, Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) Ikatan Alumni SMA (IASMA) Negeri 1 Landbouw Bukittinggi kembali melakukan aksi sebar hewan qurban ke sejumlah daerah terpencil.

Humas TPK IASMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi Erna Yenti dari angkatan 92 melalui Yudi Perama Agustino dalam keteranganya kepada Harianhaluan.com menyatakan, kali ini hewan qurban tersebut disebar pada Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Pasaman, dengan total sebanyak 35 ekor sapi.

Sementara Pembina TPK IASMA Negeri 1 Bukittinggi dari angkatan 68 Mazni Harun menuturkan, latar belakang munculnya ide kegiatan penyaluran hewan qurban TPK IASMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi ini, karena setiap Idul Adha hanya sebagian besar umat Islam yang mampu melaksanakan ibadah qurban, baik secara perorangan maupun secara kolektif. Daging hewan qurban dibagikan sesuai ketentuan syariah Islam yaitu orang miskin, kerabat dan dimakan sendiri.

“Sejalan dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, dibanyak tempat orang yang ber Qurban bertambah banyak, dan orang yang miskin berkurang khususnya didaerah perkotaan dan sekitarnya,” sebut Mazni Harun.

Atas dasar situasi tersebut sambung Mazni Harun, TPK IASMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi mulai pada tahun 2009, sampai dengan sekarang terpanggil untuk melaksanakan kegiatan penyaluran hewan qurban ke daerah-daerah terpencil, yang masyarakatnya jarang memotong hewan qurban tersebut.

Ketua Bidang Sosial dan TPK IASMA Negeri 1 Bukittinggi dari angkatan 86 Rafdianal Rusli, menuturkan, hakikat kurban pada Idul Adha adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah SWT.
Rafdianal Rusli menghaturkan rasa terima kasih kepada para donatur dan anggota Ikatan Alumni SMA (IASMA) Negeri 1 Bukittinggi, yang telah mempercayakan hewan qurban untuk didistribusikan ke daerah-daerah yang masyarakat sangat membutuhkan daging qurban.
Dengan adanya bantuan 35 ekor sapi dari IASMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi itu sambung Rafdianal Rusli, semoga dapat membantu pemenuhan kebutuhan daging masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, sehingga mereka juga merasakan kebahagiaan yang sama dengan masyarakat lainnya.

“Kami juga memohon maaf jika dalam penyelengaraan ini belum maksimal, dan akan menjadi catatan kami untuk perbaikan di masa yang akan datang, serta juga tanda terima kasih kami dari alumni untuk masyarakat khususnya di Provinsi Sumatera Barat, serta secara khusus untuk masyarakat di Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Sijunjung,” jelasnya.
Sementara itu Bupati Agam Andri Warman yang juga Alumni SMA Negeri 1 Bukittinggi Angkatan 81, sangat menyambut baik kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin alumni ini, dan momen tahun ini sudah yang ke 13 kalinya terlaksana.

Menurutnya, masih ada sebagian masyarakat yang tidak menikmati daging kurban, dan dengan adanya tebar hewan kurban itu, diharapkan mereka mendapatkan haknya menikmati daging kurban bersama keluarga.

Ketua IASMA 1 Negeri 1 Bukittinggi Sumatera Barat angkatan 81 Marlina, mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan sebar hewan qurban tahun ini berjalan lancar, mulai dari pengadaan hewan hingga proses pendistribusiannya ke lokai yang dituju.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Terkini

Riau Siap Bantu Kebutuhan Oksigen untuk Sumbar

Kamis, 29 Juli 2021 | 11:25 WIB
X