RSUD M Zein Painan Mampu Produksi 150 Tabung Oksigen Sehari

- Minggu, 25 Juli 2021 | 17:05 WIB
RSUD M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, dapat memenuhi kebutuhan oksigen pasiennya dengan jumlah produksi mencapai 150 tabung per hari.
RSUD M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, dapat memenuhi kebutuhan oksigen pasiennya dengan jumlah produksi mencapai 150 tabung per hari.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Beberapa rumah sakit di Indonesia belakangan ini sedang mengalami krisis oksigen, termasuk Sumatera Barat (Sumbar). Namun di tengah kondisi itu RSUD M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, dapat memenuhi kebutuhan oksigen pasiennya dengan jumlah produksi mencapai 150 tabung per hari.

Sebagai rumah sakit yang dikelola melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), RSUD M Zein sekarang telah memiliki sarana untuk memproduksi oksigen kebutuhan rumah sakit. Bahkan jumlah produksinya mencapai 150 tabung dengan ukuran 1.800 liter per hari. Hal itu disampaikan Direktur RSUD M Zein, Sutarman, Jumat (23/7/2021) di Painan.

"Terkait ketersediaan oksigen bagi pasien yang membutuhkan, kita di rumah sakit ini tidak lagi kuatir. Saya katakan demikian, karena rumah sakit ini telah mampu melakukan produksi oksigen sendiri. Dalam satu hari kita mampu memproduksi 150 tabung oksigen dengan kapasitas 1800 liter. Dan ini merupakan rumah sakit satu-satunya di Sumbar yang memproduksi oksigen sendiri," katanya.

Dia menambahkan lagi bahwa dalam kondisi normal, kebutuhan oksigen rata-rata dalam satu hari hanya sebanyak 50 tabung. Namun sekarang mencapai 100 tabung akibat terus melonjaknya jumlah pasien Covid-19.

"Walau meningkat, namun masih di bawah kemampuan produksi yang mencapai 150 tabung itu," ucapnya.
   
Dia mengatakan saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang masih dalam masa perawatan di rumah sakit itu ada sebanyak 36 orang.

"Berdasarkan kapasitas dinyatakan sudah penuh. Sehingga untuk mengantisipasi kita sekarang juga tengah mencadangkan 21 tempat tidur lagi dengan memanfaatkan beberapa ruangan perawatan yang ada, seperti ruang penyakit dalam, ruang bedah, dan lainnya," ungkap Sutarman.

Namun terkait masih terus meningkatnya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mencadangkan Rusunawa Kampung Muaro Painan Selatan sebagai ruang perawatan Covid-19.

"Terkait rencana itu, kita bersama Wakil Bupati Pessel, Bapak Rudi Hariyansyah, Dinas Kesehatan, dan Gugus Tugas Covid-19 Pessel telah melakukan peninjauan. Di rusunawa itu terdapat tiga lantai yang bisa dijadikan sebagai ruang isolasi atau perawatan Covid-19," tutupnya.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X