Organisasi Pemuda di Sumbar Harus Bisa Maksimalkan Potensi Ekonomi Daerah

- Minggu, 25 Juli 2021 | 19:05 WIB
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy.
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Organisasi pemuda harus bisa mendorong pengembangan potensi perekonomian di daerah untuk membantu mensejahterakan masyarakat dan memajukan kampung halaman.

"Generasi muda punya kreativitas dan ide-ide yang belum terpikirkan sebelumnya. Ini adalah potensi yang bisa diharapkan untuk mendorong pengembangan berbagai sektor di daerah termasuk perekonomian," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy saat menghadiri peluncuran organisasi Solok Muda di Gedung Kubung 13 Solok, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: Edukasi Pemuda Peduli Kemanusiaan, LCF Galang Dana untuk Palestina Jelang Idul Adha

Dia mengatakan potensi yang ada di Solok Raya yang terdiri dari Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan diantaranya adalah pertanian, perkebunan peternakan, pariwisata dan pertambangan.

Potensi tersebut saat ini belum tergarap secara maksimal. Salah satu contoh adalah beras Solok yang merupakan beras premium terkenal. Namun, terkenal hanya di daerah Sumatera Barat saja sementara untuk Indonesia masih kalah terkenal dengan beras beras lain seperti beras Cianjur.

Baca Juga: Bukti Nyata Toleransi di Pasaman Barat, Pemuda Lintas Agama Berpartisipasi pada Perayaan Idul Adha

"Inilah salah satu tugas generasi muda di solo Raya bagaimana memperkenalkan produk unggulan daerah ini sehingga dikenal secara nasional," ujarnya.

Ia yakin jika ide-ide kreatif generasi muda bisa digabungkan dengan potensi yang masih belum tergarap ini maka ke depan Solok Raya akan menjadi daerah yang yang paling maju di Sumbar.

Audy menyebut grafik penduduk Sumbar saat ini "gemuk" di tengah. Artinya generasi muda jauh lebih banyak dari usia tua. Dalam sepuluh tahun ke depan, peran generasi muda saat ini sangat vital untuk daerah bangsa dan negara.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X