Sumbar Siapkan Ratusan Personel Antisipasi Karhutla

- Minggu, 25 Juli 2021 | 22:38 WIB
Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal, saat neninjau Karhutla di Kabupaten Rohil beberapa waktu lalu. (Ist-Haluanriau.co)
Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal, saat neninjau Karhutla di Kabupaten Rohil beberapa waktu lalu. (Ist-Haluanriau.co)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Guna untuk mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Sumbar melalui Dinas Kehutanan setempat siapkan personel sebagai upaya menyambut musim panas yang diperkirakan terjadi pada Agustus hingga Oktober 2021.

"Ini kita lakukan sebagai antisipasi supaya tidak terjadi bencana akibat musim kemarau seperti kebakaran hutan, diperlukan beberapa langkah," kata Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi.

Baca Juga: Karhutla Semakin Meluas, Pempro Riau Minta Tambahan Helikopter Water Bombing

Jika terjadi bencana kebakaran hutan, Yozawardi optimis pihaknya selalu siap menyiagakan polisi hutan dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan.

Yozarwardi menyampaikan, hingga kini Dinas Kehutanan Sumbar telah memiliki 101 tenaga penjaga hutan. Menurutnya, dari jumlah tenaga yang dimiliki sekarang jika dibandingkan dengan hutan Sumbar seluas 2,3 juta hektare, tidaklah sebanding.

Baca Juga: Karhutla Terjadi Lagi, Riau Mulai Dikepung Titik Panas

Upaya lain yang telah dilakukan, kata Yozarwardi, Dinas Kehutanan juga telah memasang 27 unit alat sensor akustik Guardian efektif sebagai tindakan pembalakan liar di wilayah ini diantara di Kawasan Hutan Solok, Solok Selatan, Sijunjung dan Pesisir Selatan.

"Kita dari Dinas Kehutanan selalu siap siaga walaupun personel kita hanya 101. Maka dari itu kita minta masyarakat juga ikut membantu jika terjadi bencana," harap Yozarwardi.

Menurut Yozarwardi, kerjasama dan koordinasi dengan semua pihak termasuk masyarakat sekitar hutan, menjadi salah satu fokus yang dilakukan dalam upaya pengawasan dan penjagaan kawasan hutan dari Karhutla dan pembalakan liar.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

DPMD Kota Pariaman Siap Fasilitasi Desa Dirikan BUMDes

Selasa, 21 September 2021 | 22:10 WIB

PLN Mobile Goes to School di MAN 1 dan 2 Bukittinggi

Selasa, 21 September 2021 | 11:47 WIB

Pembangunan Reservoar di Pariaman Dimulai

Selasa, 21 September 2021 | 11:28 WIB

Excavator Rusak di TPS Pariaman Belum Tersentuh Perbaikan

Selasa, 21 September 2021 | 10:03 WIB
X