Begini Awal Mula Ditemukannya RPJMD Sumbar yang Diduga Copy Paste

- Minggu, 25 Juli 2021 | 23:40 WIB
Fraksi Praksi Demokrat DPRD Sumbar, HM Nurnas
Fraksi Praksi Demokrat DPRD Sumbar, HM Nurnas

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Fraksi Demokrat DPRD Sumbar, HM Nurnas menjelaskan, RPJMD merupakan sebuah pedoman bagi seluruh OPD dan Kabupaten/Kota. Dalam penyiapan RPJMD diatur pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

"Dalam pembahasan RPJMD selama saya menjadi anggota DPRD, sekarang ini adalah pembahasan yang cukup alot. Kita di pansus dan fraksi demokrat apa yang diinginkan pak Mahyeldi-Audy atau visi-misi mereka supaya tidak terjadi kegagalan," kata Nurnas pada acara Advokat Sumbar Bicara dengan tema bertajuk 'Heboh Isu Plagiat RPJM Sumbar'.

Baca Juga: RPJMD Sumbar Dituding Copy Paste, Ini Jawaban Pemprov

Komentar ini seiring adanya poin-poin yang ditemukan Pansus DPRD Sumbar bahwa ada dugaan plagiat yang dilakukan oleh tim penyusun RPJM Sumbar 2021-2026. Bahkan dugaan plagiatnya di atas 45 persen.

Nurnas memaparkan, penemuan ini berawal dari melihat visi misi tersebut. Maka DPRD mulai melangkah dari pembahasan BAB 2 yang isinya berupa gambaran umum assesting dari kondisi 2016-2020. Gambaran itu mencerminkan kejadian yang sudah terjadi, setelah itu baru masuk ke BAB selanjutnya.

Baca Juga: Hadiri Rapat Finalisasi RPJMD, Bupati Agam Butuh Gagasan Anggota Pansus

"Saya berprinsip waktu itu pada kajian umum sudah dilakukan kajian mendalam oleh tim, tentunya kami akan berpatokan pada validasi," ujar Nurnas.

Setelah itu masuk ke BAB 3, Nurnas menjelaskan, BAB ini merupakan modal dan menyiapkan program. Karena BAB tersebut muatannya adalah masalah uang dan pendapatan. Sehingga akan terurai proyeksi Sumbar untuk 5 tahun ke depan.

"Kalau aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat masa pak Gubernur sampai 2024, artinya RPJMD akan terolah oleh pak Gubernur hanya 2,5 tahun. Jadi setelah kita dalami BAB 3 agak deklok juga karena hanya memproyeksikan pendapatan Sumbar pure atau murni dari pajak kendaraan," ungkap Nurnas.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

DPMD Kota Pariaman Siap Fasilitasi Desa Dirikan BUMDes

Selasa, 21 September 2021 | 22:10 WIB

PLN Mobile Goes to School di MAN 1 dan 2 Bukittinggi

Selasa, 21 September 2021 | 11:47 WIB

Pembangunan Reservoar di Pariaman Dimulai

Selasa, 21 September 2021 | 11:28 WIB

Excavator Rusak di TPS Pariaman Belum Tersentuh Perbaikan

Selasa, 21 September 2021 | 10:03 WIB
X