Pemkab Pesisir Selatan Segera Lakukan Validasi Data Kemiskinan

- Rabu, 28 Juli 2021 | 09:26 WIB
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar

PAINAN,HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan segera melakukan kegiatan validasi data kemiskinan secara menyeluruh sesuai indikator dan regulasi yang ada. Hal itu dilakukan dalam rangka menciptakan kualitas data terpadu sebagai dasar melahirkan kebijakan dan arah pembangunan daerah kedepan.

Demikian disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar usai menyerahkan bantuan beras PPKM dan BST kepada masyarakat Kecamatan Koto XI Tarusan, Selasa (27/7/2021) di aula kantor camat setempat.

"Data kemiskinan harus divalidasi, sehingga data itu dinamis dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk melakukan pendataan dan validasi nanti pemkab akan merekrut 250 orang tenaga profesional dan memiliki integritas dari tamatan perguruan tinggi dengan pendidikan S1," katanya.

Menurut bupati, kedepan Kabupaten Pesisir Selatan harus memiliki data base, tidak hanya data kemiskinan, tetapi seluruh sektor dengan sebuah aplikasi yang juga bisa diakses oleh publik.   
Dikatakan, peningkatan kualitas data terpadu tersebut menjadi skala prioritas Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga berbagai program sosial yang digulirkan menjadi tepat sasaran.

Ia menjelaskan, peningkatan kualitas data itu dilakukan dengan verifikasi dan validasi. Hal itu dilakukan secara berkelanjutan. "Data yang ada dicocokan dengan kondisi yang sebenarnya, karena dengan rentang waktu yang cukup lama bisa saja ada sebagian dari warga tidak lagi layak masuk ke basis data terpadu. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari sudah meningkatnya perekonomian atau bahkan meninggal dunia," ungkapnya.
   
Dikatakan bupati, kegiatan validasi data dalam rangka peningkatan kualitas data terpadu nantinya akan mengerahkan tenaga-tenaga profesional dengan kualifikasi pendidikan S1 dan tentunya mereka juga memiliki integritas serta bebas dari intervensi pihak manapun. "Sebelum melakukan kegiatan validasi data di lapangan, mereka terlebih dahulu diberikan pembekalan," kata bupati. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X