Kementerian PUPR Kucurkan Rp18 M untuk Pembangunan Lanskap Masjid Agung Dharmasraya

- Rabu, 28 Juli 2021 | 14:52 WIB
Desain Bangunan Masjid Agung Dharmasraya
Desain Bangunan Masjid Agung Dharmasraya

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, segera mengucurkan dana sebesar Rp18 Miliar untuk membantu penyelesaian bagian Lanskap atau bentang lahan representasi visual Pembangunan Masjid Agung Dharmasraya, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian tersebut pada 2021.

Baca Juga: Apa Saja yang Termasuk Limbah Medis Kategori B3?

Hal itu terungkap pada kegiatan Pre Constructing Meeting (PCM) yang diselenggarakan antara Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan seperti pihak Direksi Pekerjaan sebagai unsur pengendalian, Direksi Teknis sebagai pengawas teknis dan Penyedia Jasa, di ruang rapat Bupati Dharmasraya, Rabu (28/07).

Baca Juga: Polisi Mulai Selidiki Dugaan Kebocoran Data Nasabah BRI Life

Bupati setempat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, disela-sela kegiatan itu mengatakan pembangunan Lanskap Masjid Agung Dharmasraya akan dilaksanakan dalam masa 170 hari kalender, sehingga ditargetkan rampung pada Desember 2021 mendatang.

"Kegiatan ini merupakan lanjutan pengerjaan pada bagian halaman Masjid meliputi jalan, parkir, pedestrian, drainase, pagar keliling, lampu jalan, taman, signage, plaza, vegetasi dan hydrant, " ungkapnya.

Ia mengatakan, kawasan Masjid Agung Dharmasraya juga akan dikembangkan sebagai Islamic Centre atau pusat kajian agama Islam di Kabupaten Dharmasraya, dengan luas areal mencapai 6,7 hektare yang merupakan hibah dari Pemerintah Republik Indonesia diperkirakan akan menelan biaya mencapai Rp 100 miliar lebih, dan pengerjaannya dipercayakan kepada salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Untuk bangunan Masjid yang merupakan bangunan utama, dibangun berlantai dua dengan kapasitas pada lantai satu bisa menampung 4.000 jamaah dan lantai dua 1.250 jamaah serta bagian teras masjid yang bisa menampung 2.750 jemaah, " jelasnya.

Diluar bangunan utama, lanjutnya, akan dibangun bangunan lainnya yang diproyeksikan sebagai pusat kajian Islam serta beberapa bagian akan dibangun taman, lapangan parkir serta spot bagi pedagang kuliner.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X