Omzet Anjlok, Pelaku UMKM Minta PPKM Dilonggarkan 

- Kamis, 29 Juli 2021 | 20:58 WIB
Aksi pelaku UMKM  
Aksi pelaku UMKM  

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ratusan pelaku UMKM Kota Padang menggelar aksi di bundaran Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar). Mereka meminta agar kebijakan PPKM Level 4 yang berlaku saat ini diperlonggar. 

Salah seorang yang mengikuti aksi tersebut, Heru menyebutkan banyak pelaku UMKM yang mengeluhkan penurunan omzet yang begitu drastis sejak penerapan PPKM. Hal ini akibat pembatasan kapasitas dan jam buka bagi pelaku usaha, khususnya rumah makan dan coffee shop di Kota Padang. 

Baca Juga: Pengendara Dukung Aksi Pelaku UMKM, Kibarkan Bendera Putih dengan Tisu

"Yang kita ingin saat ini adalah pelonggaran PPKM atau solusi dari pemerintah. Beberapa UMKM sekarang ini mengalami penurunan omzet sampai 60 persen, malah ada yang gulung tikar," ujar Heru di Padang, Kamis (29/7/2021). 

Pelonggaran yang dimaksud, kata Heru, minimal para pelaku usaha dapat menampung pengunjung sebesar 85 persen. Kemudian, jam buka juga diminta untuk diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB. 

Baca Juga: Seruan Aksi Pelaku UMKM Kota Padang, Berikut Isi Tuntutannya

"Karena kebanyakan coffee shop atau PKL yang buka malam, itu mereka merasa was-was terhadap razia-razia yang dilakukan," katanya. 

Heru mengatakan aksi ini sudah beberapa kali direncanakan, namun terbentur masalah perizinan. Massa yang mengikuti ini terdiri dari beberapa kalangan, mulai dari pelaku coffee shop, PKL, penggiat seni, dan masyarakat lainnya. 

Melalui aksi ini, kata Heru, mereka juga mengajak masyarakat untuk sadar dengan bahaya Covid-19. Tak hanya menyampaikan tuntutan, pelaku UMKM yang terlibat aksi juga membagikan masker gratis kepada pengguna jalan yang melintas. (*)

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

Gempa Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pariaman

Senin, 20 September 2021 | 20:51 WIB

Diperpanjang Dua Pekan, Kota Padang Tetap PPKM Level 4

Senin, 20 September 2021 | 18:55 WIB

43 Warga Ikuti Vaksinasi di Banca Laweh Padang Panjang

Senin, 20 September 2021 | 16:45 WIB

Hoaks Hambat Target Vaksinasi 4,4 Juta Orang di Sumbar

Senin, 20 September 2021 | 13:55 WIB
X