Cegah Stunting, Sekcam Airpura Ingatkan Pentingnya Asupan Gizi Anak

- Jumat, 30 Juli 2021 | 13:49 WIB
ilustrasi
ilustrasi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Airpura, Surmayenti mengingatkan pentingnya asupan gizi bagi anak dan ibu hamil. Hal ini untuk mencegah masalah kesehatan seperti stunting.

Dia menjelaskan bahwa stunting merupakan kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibandingkan dengan tinggi badan anak seusianya.

"Stunting terjadi karena kekurangan gizi pada masa janin dan usia dini. Akhirnya berdampak pada perkembangan otak, rendahnya kemampuan kognitif yang akan mempengaruhi prestasi sekolah dan keberhasilan pendidikan," katanya saat memberi sambutan dalam acara Rembuk Stunting di Kantor Wali Nagari Inderapura Timur, Kamis (29/7/2021).

Maka dari itu, lanjut Surmayenti, asupan gizi perlu diberikan kepada ibu hamil karena pemberian gizi itu lebih bermanfaat bagi ibu hamil saat 1000 hari kehidupan.

"Pada saat 1000 hari kehidupan inilah yang seharusnya pemberian asupan gizi yang lebih dan cukup terhadap janin dalam perut ibu hamil. Tentunya melalui pemberian makanan bergizi, dan makanan tambahan dengan selalu mengkonsumsi buah dan sayur," jelasnya.

Pemerintahan Nagari Inderapura Timur, Kecamatan Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar acara Rembuk Stunting untuk pencegahan dan penanganan masalah kesehatan masyarakat, terutama anak dan ibu hamil.

Acara itu dihadiri Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Airpura, Mila Marta, Kepala Puskesmas Airpura, Zulkarnaini, Wali Nagari Inderapura Timur, Ketua Bamus dan Tokoh Masyarakat se-Kenagarian Inderapura Timur.

Surmayenti mengatakan bahwa Rembuk Stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat nagari, pemerintahan nagari, dan Badan Musyawarah (Bamus) nagari untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di nagari.

"Namun yang menjadi pembahasan dalam Rembuk Stunting ini adalah bagaimana pencegahan dan penanggulangan stunting ini bisa dilakukan secara maksimal, dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di nagari," katanya.

Dia juga menjelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan stunting. Diantaranya, menjaga pekarangan agar tidak terjadi lembab dan menyebabkan kecacingan.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Gempa Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pariaman

Senin, 20 September 2021 | 20:51 WIB

Diperpanjang Dua Pekan, Kota Padang Tetap PPKM Level 4

Senin, 20 September 2021 | 18:55 WIB

43 Warga Ikuti Vaksinasi di Banca Laweh Padang Panjang

Senin, 20 September 2021 | 16:45 WIB

Hoaks Hambat Target Vaksinasi 4,4 Juta Orang di Sumbar

Senin, 20 September 2021 | 13:55 WIB
X