Bupati Dharmasraya Luncurkan Penyaluran Bantuan dari Kemensos RI

- Jumat, 30 Juli 2021 | 14:30 WIB
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, saat menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Beras PPKM dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19 di daerah itu, Jumat (30/07).
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, saat menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Beras PPKM dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19 di daerah itu, Jumat (30/07).

PULAUPUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, secara simbolis meluncurkan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Beras PPKM dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19 di daerah itu, Jum'at (30/07).

Pantauan wartawan, penyaluran BST dan Bantuan Beras PPKM itu dipusatkan di daerah pinggiran Dharmasraya, yakni di Nagari Lubuk Karak Kecamatan IX Koto.

Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, mengatakan, ini merupakan BST tahap ke 14 dan 15, yang akan disalurkan kepada 12.918 KPM se Dharmasraya, dengan nilai dana Rp 7,75 miliar lebih.

Sedangkan untuk bantuan beras PPKM, imbuhnya, akan disalurkan sebanyak 174.150 kilogram kepada 12.926 KPM penerima BST, ditambah 4.489 KPM dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Menurutnya, dengan dipantau langsung oleh Bupati ia berharap penyaluran BST dan Bantuan Beras PPKM ini dapat berlangsung lebih transparan.

"Ini memang menjadi catatan oleh Kemensos, karena banyaknya penyelewengan yang terjadi terhadap Bansos ini. Maka dari itu, kita berharap dengan dilihat langsung oleh Bupati, transparansi dalam penyaluran bansos ini bisa lebih kita terapkan," sebutnya.

Ia mengatakan, dalam penyaluran BST dan Bantuan Beras PPKM ini setiap KPM diminta untuk menujukkan kartu sertifikat vaksinasi saat mengambil bantuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan capaian target vaksinasi di Kabupaten Dharmasraya.

"Sebenarnya ini bukan persyaratan yang ditetapkan oleh Kemensos, melainkan hanya kebijakan lokal yang kita terapkan. Dengan begitu kita berharap, hal ini dapat membantu Dinas Kesehatan untuk meningkatkan capaian angka vaksinasi di Dharmasraya," tutupnya.

Terpisah, sebagaimana dikutip dari laman resmi kemensos.go.id, menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo pihak Kementerian Sosial Republik Indonesia mengoptimalkan seluruh jajaran untuk mempercepat penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/kartu sembako serta Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditambah dengan bantuan beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kemensos bermitra dengan Perum Bulog dalam penyaluran bantuan beras 10 kg untuk 10 juta KPM PKH, 10 juta KPM BST dan 8,8 juta KPM Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)/Kartu Sembako non PKH.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Gempa Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pariaman

Senin, 20 September 2021 | 20:51 WIB

Diperpanjang Dua Pekan, Kota Padang Tetap PPKM Level 4

Senin, 20 September 2021 | 18:55 WIB

43 Warga Ikuti Vaksinasi di Banca Laweh Padang Panjang

Senin, 20 September 2021 | 16:45 WIB

Hoaks Hambat Target Vaksinasi 4,4 Juta Orang di Sumbar

Senin, 20 September 2021 | 13:55 WIB
X