Keluarga Berperan Antisipasi Penyebaran Covid-19

- Senin, 2 Agustus 2021 | 21:17 WIB
Dailipal
Dailipal

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Keluarga punya peran vital dan strategis untuk mencegah serta menekan penyebaran virus Covid-19 melalui perubahan perilaku. 

Keluarga menjadi salah satu klaster penyebaran Covid-19 yang belakangan ini cukup mengkhawatirkan. Pasalnya rumah atau keluarga yang dianggap tempat paling aman, tetapi ternyata penyebarannya cukup banyak di sejumlah daerah dan menyumbang peningkatan kasus positif.  

Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pesisir Selatan, Dailipal mengatakan keluarga menjadi peran sentral karena merupakan klaster terakhir penularan Covid-19. Pada akhirnya semua orang dari berbagai klaster akan kembali ke rumah dan berkumpul dengan keluarga.  

Dailipal menyebutkan klaster keluarga tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, ketika ingin melakukan pencegahan di tingkat hulu, maka keluargalah yang menjadi sentralnya. 

“Inilah pentingnya keluarga. Karena bagaimana pun, tempat berkumpul mereka dari kelompok mana saja saat beraktivitas adalah keluarga. Mau tidak mau keluarga memang menjadi klaster terakhir. Dan klaster keluarga ini sangat strategis juga untuk dilakukan suatu intervensi,” kata Dailipal, Senin, (2/8/2021). 

Dia mengatakan, ketika keluarga ini dikuatkan, maka angka positif dan kematian akibat Covid-19 akan bisa ditekan. Perubahan perilaku dengan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun harus menjadi kebiasaan sehari-hari. 

Selain itu, katanya, banyak perilaku sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah klaster keluarga. Misalnya, saat orangtua pulang bekerja, dari pasar atau bepergian, jangan langsung mendekat dengan anggota keluarga lain. Terlebih dahulu buka masker bila maskernya jenis sekali pakai. 

"Buang masker tersebut di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak atau orang lain. Bila perlu digunting sebelum dibuang. Kemudian mandi dan keramas. Pakaian ditaruh di wadah tertutup. Ganti dengan baju yang bersih," tutupnya. (*)

Editor: Jefli Bridge

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X