Labor FK Unand Angkat Bendera Putih, Hidayat : Anggaran Tersedia, Kemauan Gubernur yang Belum

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:19 WIB
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand yang difungsikan untuk pemeriksaan sampel hasil tes swab/PCR hari ini angkat bendera putih karena kekurangan anggaran untuk pengadaan barang habis pakai (consumables).

Tahun 2021 ini Pemrov disebutkan tidak lagi mendanai lab tersebut. Kondisi ini terungkap dan beredar di beberapa grup WhatsApp terkait pengumuman yang tertempel di laboratorium FK Unand berbunyi 'Mengingat belum adanya pendanaan dari Pemrov Sumbar, maka kami mohon donasi untuk setiap pengambilan swab yang dilakukan di FK Unand untuk biaya consumables. Donasi tidak memaksa dan tidak ada ketentuan jumlah. Terima kasih'.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat pun angkat suara. Ia menyampaikan "Siapa bilang anggaran tidak ada. Gubernur saja yang belum berkenan melakukan pergeseran (refocusing) anggaran untuk penanganan pandemi Covid19 ini," ujar Hidayat.

Jadi, soal anggaran menurut saya tidak ada persoalan, tinggal kemauan Kepala Daerah saja sesungguhnya. Dasar hukumnya untuk melakukan pergeseran anggaran juga jelas.
Permenkeu nomor 17 tahun 2021 tentang Pengelolaan Dana Transfer daerah 2021 dalam rangka mendukung Penanganan Pandemi Covid-19 dan dampaknya, berlaku efektif 16 Februari 2021.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Dijelaskannya,  Pasal 9 menyebutkan bahwa Pemda menyediakan dukungan pendanaan untuk belanja kesehatan penanganan pandemi Covid-19 dan belanja prioritas lainnya.

Pada Pasal selanjutnya dijelaskan bahwa dukungan pendanaan tersebut bisa diambilkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan atau Dana Bagi Hasil (DBH), bahkan boleh bersumber dari Dana Instentif daerah (DID)

"Jumlah DAU pada APBD Provinsi Sumbar tahun 2021 mencapai Rp1.949 triliun lebih. Minimal 8% boleh diambil dari DAU ini. Sementara DBH tahun 2021 mencapai Rp125 miliar lebih," jelas Ketua Bapemperda DPRD Sumbar tersebut.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X