Normalisasi Batang Pangian Tuntas dalam Masa 100 Hari Kerja Bupati -Wakil Bupati Solok Selatan

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 22:55 WIB
Kunjungan kerja Kepala daerah Solok Selatan ke SBJ
Kunjungan kerja Kepala daerah Solok Selatan ke SBJ

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) tuntas mengerjakan normalisasi sungai Batang Pangian di kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ). Normalisasi sungai ini merupakan salah satu program unggulan dalam 100 hari kerja Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi.

Dari laporkan Camat Sangir Balai Janggo Muslim dalam sambutannya pada acara Peninjauan Pelaksanaan Program Kerja 100 hari Pertama Bupati Solsel di Kecamatan SBJ pada Rabu (4/8/2021).

Normalisasi sungai yang terletak di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo ini dilakukan untuk mengatasi pendangkalan sungai. Pendangkalan Batang Pangian karena menumpuknya sedimentasi lumpur maupun sampah di dasar sungai, menjadi penyebab utama meluapnya sungai saat musim hujan tiba.

Menurut Camat Sangir Balai Janggo, Muslim bahwa selama ini meluapnya sungai Batang Pangian telah menjadi penyebab banjir yang kerap melanda Nagari Sungai Kunyit. Oleh larena itu, Pemkab Solsel melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPDB), telah melakukan pengerukan Batang Pangian sepanjang 3,8 kilometer sebagai bentuk mitigasi bencana, guna mencegah terjadinya banjir. 

Kalaksa BPBD Solsel, Richi Amran menambahkan bahwa terdapat dua program unggulan yang dilaksanakan pihaknya di SBJ. 

"Mitigasi bencana alam dan bencana non alam. Normalisasi Batang Pangian merupakan mitigasi bencana alam. Sedang non alam yakni pembentukan posko PPKM yang dikelola satgas nagari untuk memutus penularan Covid-19," ucapan Khairunas.

Bupati Khairunas mengapresiasi tercapainya normalisasi Batang Pangian sebagai salah satu program unggulan dalam 100 hari pertama. 

Menurut Bupati, program unggulan yang ada merupakan dasar arah pembangunan kabupaten ini kedepannya.

“Program 100 hari ini bukan akhir, namun jadi titik awal untuk bekerja lebih keras, sesuai program kerja dalam visi misi,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X