Genius Umar Pastikan Tiap Desa dan Kelurahan Punya MDA dan MDW

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 11:17 WIB
Walikota Pariaman Genius Umar
Walikota Pariaman Genius Umar


HARIANHALUAN.COM - Walikota Pariaman Genius Umar pastikan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) dan Madrasah Diniyah Wustho (MDW) akan ada ditiap desa/kelurahan di kota ini.

Hal tersebut disampaikannya saat rapat Evaluasi dan peningkatan pelaksanaan program MDA/MDW/MDU dan Read Alquran Center Kota Pariaman, di ruang kerja walikota, Balaikota Pariaman, Jumat (6/8/2021) lalu.

Baca Juga: Kabar Baik, Pengerjaan Jalan di Kota Pariaman Sudah Proses Kontrak dengan Pemenang Tender

"Selama ini yang aktif di Desa dan Kelurahan di Kota Pariaman baru Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) saja, untuk anak-anak SD belajar mengaji. Ke depan kita pastikan Madrasah Diniyah Wustho (MDW) untuk anak SMP dan Madrasah Diniyah 'Ulya (MDU) untuk anak SMA/SMK, harus ada juga di Desa dan Kelurahan di Kota Pariaman," sebutnya.

Lebih lanjut, Genius Umar mengatakan nantinya untuk kordinator pengawasan MDA/MDW dan MDU tersebut, adalah tugas dari Penyuluh Agama yang ada di desa dan kelurahan, sehingga fungsinya sebagai pendorong yang berhubungan dengan keagamaan di desa/kelurahan, terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Sidak Pasar Kampung Galapung, Suhatri Bur Ingatkan Pedagang Jaga Imunitas Tubuh

"Nantinya MDW dan MDU ini akan melekat di bangunan MDA yang telah ada di desa dan kelurahan, sehingga tinggal desa yang mengatur sesuai dengan kearifan desa/kelurahan masing-masing, berapa jam dan pengaturan hari pelaksanaan dari MDA/MDW dan MDU tersebut," tukasnya.

Genius Umar juga menegaskan, bahwa pelaksanaan MDA/MDW dan MDU ini bertujuan agar anak-anak, remaja dan pemuda/i, usia sekolah dari SD sampai SMA yang ada di Kota Pariaman, tidak ada lagi yang tidak bisa mengaji.

"Ada anak SMP yang dari kecil belum bisa mengaji, begitu juga ada yang telah SMA/SMK yang tidak tahu baca Al qur'an, di MDW dan MDU ini nantinya mereka akan diajarkan oleh guru yang telah ditunjuk oleh desa atau bisa juga penyuluh agamanya langsung, untuk membantu belajar mengaji, sehingga mereka dapat membaca Al qur'an nantinya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X