Setelah 88 Tahun, Hagia Sofia Kembali Jadi Tempat Pelaksanaan Shalat Tarawih

- Sabtu, 2 April 2022 | 17:38 WIB

HARIAN HALUAN - Badan Keagamaan Turki mengumumkan pada Kamis, 31 Maret 2022, bahwa umat muslim bisa melaksanakan salat tarawih di Hagia Sophia, Istanbul. Izin salat ini jadi yang pertama setelah 88 tahun.

“Alhamdulillah. Untuk pertama kalinya dalam 88 tahun, masjid akan menyambut orang-orang beriman untuk shalat tarawih Ramadhan ini,” kata Ali Erbas, kepala Diyanet, badan publik yang bertanggung jawab untuk mengawasi ibadah keagamaan.

“Insya Allah momen indah ini akan saya saksikan dengan memimpin salat tarawih pertama,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat, 1 Maret 2022.

Baca Juga: Batalkah Puasa Jika Berkumur-kumur Saat Ramadhan? Begini Penjelasan Para Ulama

Sebelumnya Bangunan yang terkenal karena ikonik adalah sebuah museum yang pada tahun 202 silam diubah menjaddi Masjid namun saat itu belum bisa dipakai untuk mrlakukan sholat tarawih dikarenakan Pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Kabar gembira ini disambut baik oleh umat danmasyarakat disekitar, diyanet juga memastikan mulai pekan ini shalat telah bisa dilaksanakan di di Hagia Sophia pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu selama bulan suci Ramadhan.

Dalam sejarah keberadaannya, Hagia Sophia sudah kerap menjadi rebutan pelbagai rezim. Selama 15 abad terakhir, bangunan megah ini mengalami beberapa kali alih fungsi, mulai dari gereja (325-1453 m), masjid (1453-1935 m), museum (1935-2020 m), dan kini menjadi masjid lagi.

Baca Juga: Ini Hukumnya Puasa Ramadhan Orang yang Masih Punya Hutang Puasa Tahun Lalu

Haqia Sophia adalah sebuah Bangunan yang sarat akan sejarah, terbukti dengan jejak panjang perjalanannya serta berap kali beralih fungsinya bangunan ini.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X