Macam-Macam Bacaan Istigfar: Lengkap dalam Bahasa Arab dan Latin serta Artinya

- Rabu, 6 April 2022 | 07:16 WIB
Ilustrasi salah satu tempat ibadah umat Islam dalam menjalankan bacaan istigfar
Ilustrasi salah satu tempat ibadah umat Islam dalam menjalankan bacaan istigfar

Istigfar adalah bacaan yang mengandung arti memohon ampunan kepada Allah Swt. atas dosa-dosa seseorang. Kata istigfar pun berasal dari bahasa Arab. Adapun tata cara istigfar adalah melafalkan bacaan-bacaan dari Al Quran dan hadis, sebagai wujud taubat dan pengingat bahwa manusia tidak luput dari kesalahan.

Allah Swt. berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 199, “Dan beristigfarlah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Bacaan istigfar pun bermacam-macam dengan bacaan panjang atau pendek, serta seperti yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. dan memiliki dasar dari hadis yang shahih.

Istigfar tidak hanya mendatangkan ampunan dari Allah Swt atas dosa-dosa. Istigfar juga dapat membukakan pintu rezeki bagi orang yang mengamalkannya. Itu pun tertuang dalam firman Allah Swt. pada surat Nuh ayat 10 sampai 12. Adapun Sayyid Muhammad Alawi menjelaskan bahwa orang yang membaca istigfar sebanyak 25 hingga 27 kali setiap hari, akan dikabulkan doanya dan diberikan rezeki oleh Allah Swt.

Bacaan Istigfar Pendek

Setelah salat, Rasulullah Saw. paling sering melafalkan istigfar sebagai berikut:

أستغفر الله

Astaghfirullah.

Artinya:

Aku memohon ampun kepada Allah.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X