4 Kesalahan Buka Puasa yang Bisa Ganggu Kesehatan

- Rabu, 6 April 2022 | 10:10 WIB
Ilustrasi Ramadhan (Muhammad Ikhwanuddin)
Ilustrasi Ramadhan (Muhammad Ikhwanuddin)

HARIAN HALUAN - Berbuka puasa adalah salah satu momen yang paling dinanti umat Islam di bulan suci Ramadan. Tapi, kita juga harus hati-hati saat buka puasa agar tidak mengganggu kesehatan. 

Setelah menahan lapar dan dahaga selama belasan jam, orang yang berpuasa tentu tidak sabar ingin segera mencicipi kudapan yang sudah ada di depan mata. Tidak sedikit orang beranggapan bahwa berbuka puasa menjadi ajang balas dendam. 

Nah, di sanalah letak kesalahan manusia dalam mengendalikan nafsu. Selain harus selektif dalam menentukan menu, kita juga harus piawai dalam mengendalikan gaya makan dan minum. 

Berikut 5 kesalahan berbuka puasa yang bisa ganggu kesehatan, dilansir dari berbagai sumber:

1. Minum Air Dingin

Minum air dingin mungkin akan menjadi hal yang menyenangkan bagi orang yang berpuasa karena sensasi segar yang didapatkan. Banyak orang juga bahkan mampu minum air dingin dalam jumlah yang banyak tanpa terkendali. 

Terlebih lagi, minuman dingin yang dikonsumsi mengandung gula yang tinggi seperti es buah, es campur, atau es-es lainnya. Kadar gula yang tinggi dapat mengganggu metabolisme tubuh jika dikonsumsi berlebihan dalam rentang waktu yang dekat. 

Kadar gula tinggi juga dapat meningkatkan risiko diabetes dan kenaikan berat badan hingga obesitas.

Selain itu, suhu minuman yang dingin juga dapat membuat lambung manusia 'kaget' karena tidak bekerja selama berjam-jam. 

Halaman:

Editor: Muhammad Ikhwanuddin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X