Perhatikan! Jangan Salat Tahajud dengan Pakaian Ini, Akibatnya Doa Tak Terkabulkan

- Rabu, 6 April 2022 | 15:51 WIB
Ilustrasi umat muslim mengerjakan salat tahajud di masjid
Ilustrasi umat muslim mengerjakan salat tahajud di masjid

Salat tahajud adalah salat sunah muakkad yang dikerjakan pada malam hari setelah isya, malam menjelang pagi, atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Meski salat tahajud dapat dikerjakan kapan saja, waktu pengerjaannya yang paling disarankan adalah sepertiga malam, tepatnya puku 1:30 hingga 4:30.

Bahkan menurut ustaz Abdul Somad, salat sunah ini dapat dikerjakan hingga pukul 4 pagi, berlaku bagi siapa pun yang ikhlas dan khusyuk mengerjakannya. Salat tahajud tidaklah diwajibkan bagi umat muslim, tapi juga memiliki keutamaannya tersendiri.

Salat tahajud pun dapat dikerjakan sebanyak 2 rakaat hingga tak terbatas, bergantung pada keikhlasan dan kemampuannya. Sala tahajud sering kali disebut sebagai salat malam (qiyamul lail), tapi pada dasarnya salat malam dan salat tahajud berbeda. Sebab, sebagian ulama menyebutkan bahwa jika dikerjakan pada awal malam, dapat disebut salat malam (qiyamul lail). Sementara, salat tahajud dikerjakan di pertengahan malam.

Kata tahajud berasal dari kata ‘hujud’ yang bermakna tidur. Menurut Al Biqa’i dalam tafsir Al Misbah, tahajud adalah meninggalkan tidur untuk menunaikan salat. Dalam surat Al Isra ayat 79, terkandung anjuran ibadah salat tahajud bagi umat muslim, “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Sementara, ustaz Adi Hidayat menjelaskan mengenai pakaian yang dilarang ketika salat tahajud. Salat tahajud sama halnya dengan melakukan salat wajib maupun sunah lainnya, yang mengikuti syarat sah salat, termasuk bersuci.

Dalam salat tahajud, seseorang harus mengenakan pakaian yang bersih dan rapi sebab salat melambangkan kesucian dan kebersihan. Namun, ada pula jenis pakaian yang dapat mencegah terkabulnya doa seseorang meski pakaian itu bersih.

Pada dasarnya, doa merupakan senjata yang ampuh bagi umat Islam agar segala harapannya dapat tercapai atau terkabulkan selama hidup di dunia. Seseorang pun dapat mengucapkan doa dengan mudah, tapi terkabulnya doa itu atau tidak adalah kuasa Allah Swt.

Umat muslim hanya dapat berikhtiar, salah satunya memanjatkan doa dengan tips dan trik khusus. Banyak trik yang dapat diterapkan agar sesuatu yang dipanjatkan dalam doa dapat segera terkabulkan oleh Dzat Yang Maha Kuasa. Misalnya, seseorang dapat menggunakan bacaan mulia asmaul husna dan selawat Nabi. Atau, memanfaatkan waktu khusus seperti salat tahajud di sepertiga malam terakhir.

Ustaz Adi Hidayat pun menjelaskan tentang jenis pakaian ketika salat tahajud dalam video yang diunggah di kanal YouTube Mentari Senja TV pada tahun 2021 lalu. Salat tahajud adalah amalan sunah dan doanya lebih kuat sehingga peluang terkabulkan akan makin besar.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjual Kulit Hewan Kurban, Bagaimana Hukumnya?

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:38 WIB
X