Inilah Waktu Paling Tepat Perempuan Laksanakan Salat Zuhur pada Hari Jumat

- Kamis, 7 April 2022 | 08:02 WIB
Ilustrasi muslim perempuan melaksanakan salat Zuhur di hari Jumat
Ilustrasi muslim perempuan melaksanakan salat Zuhur di hari Jumat

Salat lima waktu wajib dilaksanakan seluruh umat muslim. Setiap salat pun memiliki batasan waktu, termasuk salat Zuhur. Salat Zuhur adalah permulaan dari seluruh salat lima waktu yang diperintahkan pada malam Isra Mikraj setelah 9 tahun diutusnya Rasulullah Saw.

Itu pun tertuang dalam surat Al Isra ayat 78, “Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh. Sungguh, salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” Adapun hadis riwayat yang menjelaskan tentang salat adalah “Ya Rasulullah, perbuatan apa yang paling dicintai Allah? Beliau pun menjawab, ‘Salatlah tepat waktu.” (HR. Bukhari)

Dalam buku karya Muhsin Haryanto, para ulama berpendapat bahwa kata 'tepat waktu' dalam hadis tersebut merujuk pada makna interval waktu salat yang dijelaskan dalam Al Quran dan Sunah. Mereka pun bersepakat bahwa Islam memberikan kebebasan kepada umatnya untuk melaksanakan salat dari awal waktu hingga batas akhir yang telah ditentukan.

Perlu diketahui, salat Zuhur memiliki batas waktu sejak matahari mulai condong ke arah barat hingga bayangan benda menjadi sama panjang dengan benda sebenanya. Tak hanya itu, para ahli fiqih memperkirakan waktu salat Zuhur terjadi pada pukul 12 siang hingga 3 sore.

Adapun muslim perempuan yang akan melaksanakan salat Zuhur di hari Jumat, mereka diperbolehkan berwudu ketika memasuki waktu azan Zuhur. Muslim perempuan pun tidak diwajibkan salat Jumat di masjid. Karena itu, muslim perempuan dapat melaksanakan ibadah salat Zuhur 4 rakaat di rumah.

Namun, sebagian ulama berpendapat bahwa waktu salat Zuhur di hari Jumat bagi muslim perempuan adalah sehabis pelaksanaan salat Jumat. Jika melaksanakan salat Zuhur sebelum salat Jumat usai, salatnya tidak sah.

Alasannya muslim perempuan tidak diwajibkan melaksanakan salat Jumat adalah salat dilaksanakan berjamaah sehingga dikhawatirkan memunculkan fitnah antara laki-laki dan perempuan yang berjumlah banyak dan berkumpul di satu tempat.

Bahkan Imam Nawawi menjelaskan, “Salat jamaah bagi perempuan itu lebih baik di rumahnya daripada mendatangi masjid. Dan, salat perempuan di rumahnya itu lebih menutupi dirinya dan lebih afdal.” (Al Majmu', 4: 198)

Ustaz Adi Hidayat pun menjelaskan bahwa seorang wanita tidak wajib salat tarawih ke masjid. Hukum salat tarawih adalah sunah muakkadah. Jika muslim perempuan pergi ke masjid untuk menunaikan tarawih, itu sama hukumnya dengan perempuan yang melaksanakan salat ke masjid dalam hukum salat ke masjid lainnya.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

X